Tentang

ANJUKZONE.COM adalah media cyber yang bertujuan memberikan informasi cepat, tepat, dan akurat kepada pembacanya. Pertama ANJUKZONE.COM hadir di tengah-tengah pembacanya dalam penyajian beritanya hanya untuk memenuhi kebutuhan warga Nganjuk, baik yang menetap di Nganjuk maupun di luar daerah hingga luar negeri. Dengan slogan “Sprit of Nganjuk Character Building,” yakni sebagai penyemangat warga pembaca dalam pembangunan karakter bangsa. Sehingga mereka terpenuhi akan kebutuhan perkembangan informasi yang ada di Nganjuk. Namun seiring perkembangan era digital, ANJUKZONE.COM berkembang mernjadi portal berita dengan jangkauan lebih luas dengan sajian varian berita yang lebih menarik.

Hal yang menjadi perhatian ANJUKZONE.COM adalah dalam memahami dan memaparkan fakta atau berita untuk mencapai tujuan, yakni;

  1. Ada satu kelaziman yang biasanya membimbing para jurnalis dalam memahami dan memaparkan fakta menjadi berita. Yang pertama adalah kontroversi, dalam pengertian bawa para jurnalis pada umumnya cenderung melihat suatu berita dianggap berkualitas ketika dalam berita yang ia sampaikan ada kontroversi di dalamnya. Kalau ada orang digigit ular itu bukan berita, tetapi ketika ada orang menggigit ular itu baru berita, “the bad news is the good news”. Dalam konteks ini COM berada pada jalur yang lain. Jiwanya sebagai tiga pilar utama, yakni pendidikan, budaya dan pariwisata mengarahkankan mata kameranya untuk mengupas sesuatu yang dianggapnya memiliki manfaat, “good news is a news”.
  2. Hal kedua yang biasanya membingkai kerja jurnalis adalah menyangkut nama dan peristiwa. Mengungkap suatu peristiwa yang dialami oleh seorang yang memiliki reputasi atau ketokohan pasti dianggap lebih berharga daripada masyarakat awam. Suatu peristiwa kecil mengenai orang besar adalah berita besar dibanding suatu peristiwa kecil pada orang kecil. Dalam hal demikian ini tampaknya COM berada pada sisi yang lain. Dia cenderung mem-blow up berita yang menyangkut kepentingan publik daripada kepentingan pribadi atau kelompok, dia cenderung mengupas dimensi-dimensi kepemimpinan maupun ketokohan daripada membahas pribadi Sang Pemimpin maupun Sang Tokoh. Dus, dengan demikian kadar kenetralan bahasa maupun substansi dari tulisan ANJUKZONE.COM sebenarnya cukup bisa dijaga.
  3. Hal yang perlu dibuat lebih seimbang adalah cara untuk mendapatkan dan menganalisis fakta beritanya. Seorang jurnalis yang berhasil biasanya tidak hanya mengandalkan cara-cara etik dengan melakukan pengamatan terhadap fakta opini atau fakta media, akan tetapi juga mengungkap fakta empirik atau fakta sosial. Untuk itu ia dituntut untuk tidak saja bertindak sebagai pengamat atau peneliti, namun juga harus “get in” dalam setiap peristiwa yang diamatinya. Dia harus mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang diamati, secara emik, melalui kegiatan triangulasi, dan lain sebagainya, sehingga kualitas berita yang dipaparkan benar-benar bukan sekadar news akan tetapi telah menjadi setingkat pengetahuan.
  4. Yang mengagumkan adalah kepekaan dan kepedulian ANJUKZONE.COM terhadap berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi di tingkat nasional untuk kemudian ditarik benang-merah-nya dengan kehidupan masyarakat daerah dan lalu mengenai apa yang harus dilakukan oleh tokoh, pimpinan atau masyarakat di daerah terhadap fenomena-fenomena yang dia paparkan, yang pada umumnya ANJUKZONE.COM melihat sisi lain (meski tidak selalu berarti sisi luar) dari setiap policy yang diamati. Dalam konteks inilah seharusnya tokoh pimpinan di daerah dapat memanfaatkan program-program ANJUKZONE.COM ini sebagai semacam “the second opinions” untuk memperbaiki atau merumuskan policy implementation maupun policy monitoring secara lebih baik lagi.(*)

Badan Usaha

ANJUKZONE.COM adalah berbadan usaha dari PT. Nganjuk Media Televisi. Sesuai dengan akta pendirian PT. Nganjuk Media Televisi merupakan badan usaha yang menyelenggarakan usaha yang bergerak di bidang siaran televisi swasta, rekaman audio, penjualan rekaman audio visual, event organizer (EO), dan penyiaran online. Pendirian Nganjuk TV telah dibuktikan dengan akta pendirian perseroan yang dikeluarkan oleh notaris NUR HIDAYAT, SH., M.Kn., nomor 96 tanggal 17 April 2017 dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. C-311.HT.03.01-Th.2006 tanggal 21 Juli 2006. PT. Nganjuk Media Televisi merupakan badan hukum milik pribadi, bukan milik instansi pemerintah, Partai Politik atau Golongan.

REDAKSI ANJUKZONE.COM

Pemimpin Redaksi: Sukadi

Staf Redaksi: Yuniar Nurohma (Nganjuk), Anto Setyawan (Nganjuk), Fatkul Kulub (Nganjuk), Budi (Kediri), David (Kediri), Kelik (Kediri)

Kontributor: Ir. Riswanti Iriani (Tulangbawang Barat), Deasy Puspitaningarum (Mahasiswa IPB Bogor)

Video Editor: Dwi Arfian

Bendahara: Yan Tri Asmoro Widya

Lawyer: Kesnawan Yanuar, SH

ANJUKZONE.COM beralamat di Desa Ngrengket, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur//Contact: 082232479914//email: nganjukmediatv@gmail.com