Berita Berita Utama Edukasi Lintas Daerah News Prestasi Regional

SMPN 1 Bagor Sehari Belajar di Luar Kelas Bentuk Karakter Positif

Nganjuk – ANJUKZONE – Warga satuan pendidikan di seluruh Indonesia, bersama-sama melakukan kegiatan sehari belajar di luar kelas. Tak ketinggalan SMPN 1 Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, seluruh siswa bersama guru, staf dan kepala sekolahnya melakukan aktivitas sehari belajar di luar sekolah untuk memperingati Hari Anak Internasional.

Ini adalah rangkaian kegiatan yang bertujuan menciptakan pembelajaran secara nyata dan berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembangnya anak.  Serta mendukung budaya dan cinta tanah air serta kraetivitas dalam upaya penguatan pendidikan karakter. Kepala SMPN 1 Bagor, Suhardi, menyampaikan kegiatan sehari belajar di luar kelas dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.

“Satuan pendidikan yang melaksanakan sehari belajar di luar kelas adalah semua satuan pendidikan pra sekolah hingga SLTA,” terang Suhardi, Kamis, 7 Nopember 2019.

Dalam menetapkan agenda sehari belajar di luar kelas dilakukan rangkaian kegiatan untuk memenuhi tujuan agar mendorong anak dapat menerapkan dan berperilaku yang memenuhi tujuh unsur. Di antaranya, pembentukan karakter positif, iman dan takwa, perilaku hidup bersih dan sehat, adaptasi perubahan iklim, permainan tradisional, cinta tanah air, gerakan literasi, pengurangan resiko bencana, dan mendorong satuan pendidikan menjadi sekolah raman anak.

Adapun kegiatan yang menjadi agenda acuan satuan pendidikan yang melaksanakan sehari belajar di luar kelas adalah sebagai berikut; menyambut siswa dengan senyum,salam dan  sapa, menyanyikan lagu indonesia raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa bersama sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua, berdoa setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan anak, mematikan lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas, simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak, senam germas, permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak, deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak, dilakukan oleh perwakilan siswa, penjaga sekolah dan kepala sekolah, dan terakhir ditutup dengan menyanyikan lagu maju tak gentar bersama-sama.

Vanessa, salah satu siswa SMPN 1 Bagor menyampaikan, setelah mengikuti aktivitas sehari belajar di luar kelas, mengaku puas. bila selama ini merasa jenuh, selalu belajar bersama guru dalam kelas, dengan sehari belajar di luar kelas, pikiran menjadi segar. apalagi banyak permainan tradisional yang selama ini sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak.

“Belajar di luar kelas sangat menyenangkan, rasanya menjadi tidak jenuh,” tukasnya.

Reporter : Sukadi

Editir: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *