Berita Utama Budaya Entertainment Lintas Daerah News Regional Wisata

Aneh …! Garam Muncul di Lereng Gunung Sili

Nganjuk – ANJUKZONE – Ada yang aneh. Di lereng Gunung Sili, termasuk lereng pegunungan Kendeng Utara ditemukan area yang dipenuhi dengan garam. Lokasinya di sungai yang airnya mulai mengering, Desa Bangle, Kecamatan Lengkong. Padahal, lazimnya, hamparan garam didapat di pantai atau area dekat laut, karena air laut yang memang asin, terkena panas matahari, sehingga mengering menjadi garam.

Lokasi sungai yang oleh warga setempat diberi nama Kali Asin ini, berada di tengah hutan, milik perhutani KPH Jombang. Namun wilayah administrasinya, masuk Desa Bangle, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

Anehnya, dalam sungai yang airnya mulai mengering ini, muncul garam, berwarna putih, menghampar puluhan meter persegi. Persis, seperti garam pada umumnya, ketika salah satu warga mencoba mengumpulkan dan mencicipi, benar-benar berasa asin. Hanya saja, garam-garam tersebut dibiarkan begitu saja, tidak ada warga yang mengambil dibawa pulang. Sehingga kondisinya tetap in-situs dan jumlahnya terus bertambah.

Sungai mengering, menjadi hamparan garam di Desa Bagle- Lengkong

Di sekitar hamparan garam, kondisi air sungai masih tersisa. Bila disentuh, air berasa hangat.

Menurut Anom Suroto, (45) Kepala Dusun Bangle, munculnya garam di Kali Asin, tidak hanya di musim kemarau. Saat musim hujan, ketika terkena terik matahari, bekas aliran sungai mengering dan berubah menjadi garam.

“Sudah lama, muncul garam sudah bertahun-tahun, sejak saya masih kecil,” terang Kepala Dusun Bangle, ketika mengunjungi sungai di tenahg hutan itu.

Konon, menurut cerita warga bangle, jaman dahulu, di sepanjang pegunungan kendeng utara ini, merupakan pantai Laut Jawa. Hanya, karena terjadi sunami, mengakibatkan kondisi daratan di pantai utara Jawa turun, sehingga membentuk kendeng, menyerupai tanggul yang panjang.

Rencananya, di sungai asin ini, oleh warga dipertahankan dan dijadikan obyek wisata desa.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *