Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Regional

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto: Penegakkan Hukum Tidak Ada Saudara atau Teman

NGANJUK – ANJUKZONE – Keragu-raguan warga Nganjuk terhadap kapolres yang baru AKBP Handono Subiakto sebagai putra daerah terjawab sudah. Setelah kekhawatiran terhadap orang nomor satu dalam institusi penegak hukum kepolisian di Nganjuk ini dikait-kaitkan dengan penegakkan hukum apabila menyangkut teman sekolah, sanak saudara, serta kerabat dekat kapolres yang baru. Lebih-lebih muncul sinyalemen, bahwa kehadiran Kapolres Nganjuk asal Dusun Wakung, Desa Sukoharjo, Kecamatan Wilangan ini merupakan pesanan.

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto membantah tudingan bahwa pihaknya tidak bisa berlaku adil terhadap penegakkan hukum di Nganjuk kendati sebagai putra daerah. Pihaknya menyampaikan, secara emosional memang ada keterikatan sebagai putra daerah kepada saudara atau teman. Tetapi secara kedinasan, tidak ada bargaining dalam penanganan hukum. Pihaknya berjanji harus bekerja secara profesional. “Yang benar kita katakan benar, yang salah kita katakan salah,” ujar AKBP Handono Subiakto dalam acara pisah sambut dengan kapolres yang lama AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta di Mapolres Nganjuk, Selasa, 24 September 2019.

Bekerja secara profesional tersebut sudah dijalankan, baik sejak berdinas di luar Jawa maupun menjabat sebagai penyidik KPK. Karena, semua sudah diatur dalam undang-undang, Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (PERKAP), dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Itu semua yang saya pegang, saya harus profesional. Kalau kita sudah melaksanakan itu semua, saya kira sudah tidak ada masalah,” tegas mantan Penyidik KPK tahun 2008 – 2013 itu.

Disoal maraknya demo di Nganjuk, AKBP Handono Subiakto menanggapi serius. Karena, aksi demo, unjuk rasa atau menyampaikan pendapat di muka umum telah diatur dalam undang-undang. Sehingga, kegiatan aksi demo tidak sampai mengganggu dan merugikan pihak-pihak lain.

“Demo itu dalam undang-undang sudah diatur, tetapi bila sudah mengganggu orang lain, itu yang perlu kita antisipasi. Kita sebagai bagian dari masyarakat, harus mengamankan,” jelasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *