Berita Utama Lintas Daerah News Regional

Demi Nganjuk Kapolres Baru Janji Bangun lewat Institusi Kepolisian, Dewa Banggakan Nikah Gratis

NGANJUK – ANJUKZONE – Selama menjabat sebagai Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta memiliki kenangan istimewa, yaitu program Babinkamtibmas berupa operasi Bina Kusuma. Yang membuatnya terkesan, setelah melakukan operasi penyakit masyarakat tersebut, pihaknya bersama jajarannya dapat mengawalnya menuju pernikahan dan nikah gratis.

“Konsekuensinya sebagai penyeimbang, kita kawal untuk nikah dan nikah gratis,” terang mantan Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta dalam acara pisah sambut dengan Kapolres Nganjuk yang baru, AKBP Handono Subiakto di Mapolres Nganjuk, Selasa, 24 September 2019.

Kesan lain bahwa wilayah hukum di Kabupaten Nganjuk berbeda dengan polres daerah lain. Karena letak geografisnya merupakan pertemuan antar daerah-daerah lain, sehingga dibutuhkan kerja ekstra guna meminimalisir tingkat gangguan keamanan yang berasal dari daerah lain.

“Tidak seperti polres-polres lain, karena Polres Nganjuk merupakan pertemuan dari kabupaten lain, maka membutuhkan kerja ekstra untuk meminimalisir tingkat gangguan kamtibmas yang berasal dari dari daerah lain,” jelas kapolres lama yang akan menempati pos barunya sebagai Wadirkrimsus Polda Sumatera Selatan ini.

Selain itu, Dewa juga menyoal tingkat kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi terjadi di sepanjang jalan raya Kabupaten Nganjuk. Sehingga menjadi foktor dominan yang harus diperhatikan agar tingkat angka kecelakaan dapat ditekan se-minimal mungkin.

“Di Nganjuk, tingkat kecelakaan di jalan masih tinggi, jadi perlu mendapat perhatian lebih serius untuk menekan angka kecelakaan,” tegasnya.

Sedangkan, pekerjaan rumah yang masih mengganjal, menjabat Kapolres Nganjuk selama 1 tahun 10 bulan 22 hari adalah kasus kenakalan remaja. Di Nganjuk sering terjadi bentrok antar warga dalam kelompok-kelompok.

“Sebenarnya tidak ada pekerjaan rumah yang saya tinggalkan, hanya yang perlu diantisipasi adalah tingkat kecelakaan di jalan yang yang masih tinggi dan kenakalan remaja yang melibatkan bentrok antar warga dalam kelompok-kelompok,” imbuh Dewa.

Menyikapi pekerjaan rumah yang ditinggalkan oleh kapolres lama, AKBP Handono Subiakto sebagai Kapolres Nganjuk sebagai kapolres yang baru tidak banyak teronbosan baru yang ingin dijalankan. Pihaknya akan mengidentifikasi terlebih dahulu, kegiatan kapolres lama yang sudah dijalankan, selanjutkan program-program yang sudah berjalan dengan akan dioptimalkan demi warga Nganjuk untuk lebih baik. Hanya, apabila dipandang perlu, harus membuat terobosan baru, setidaknya semata-mata demi tercapainya kondisi di Nganjuk lebih aman dan kondusif.

“Saya akan membangun Nganjuk lewat institusi kepolisian meneruskan program bapak AKBP Dewa Nyoman dan bila perlu menambah program baru,” kata kapolres asli putra daerah Nganjuk ini.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *