Berita Utama Lintas Daerah News Regional

Awas Kena Tilang Pengedara Bawah Umur!

Wujudkan SDM Unggul dengan Tertib Berlalu-lintas, Aman dan Nyaman Berkendara

NGANJUK – ANJUKZONE – Polres Nganjuk menggelar Operasi Lalu-lintas dengan sandi Operasi Patuh Semeru 2019 selama 14 hari, mulai Kamis 29 Agustus 2019, sampai Rabu 11 September 2019.

Operasi Patuh Semeru 2019 mengedepankan cara bertindak preemtif dan preventif. Meski demikian, pelanggar akan ditindak tegas apabila kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas.

Untuk itu, pengendara diimbau untuk tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

Dalam display grafis yang dirilis Satlantas Polres Nganjuk, Selasa 27 Agustus 2019, setidaknya ada delapan (8) daftar fokus pelanggaran pengendara yang akan langsung ditindak, dalam razia Operasi Patuh Semeru 2019 di wilayah Nganjuk, yaitu : 1) Pengendara motor yang tidak memakai helm standart, 2) Pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur, 3) Tidak memakai sabuk keselamatan (safety belt), 4) Kendaraan roda empat melebihi batas kecepatan, 5) Penggunaan HP saat berkendara, 7) Minum alkohol (mabuk) saat mengemudi, dan 8) Kendaraan bermotor yang memasang lampu strobo, rotator dan atau sirine.

Polres Nganjuk menggelar Operasi Lalu-lintas dengan sandi Operasi Patuh Semeru 2019 selama 14 hari, mulai Kamis 29 Agustus 2019, sampai Rabu 11 September 2019.(foto-sukadi)

Pelaksanaan operasi ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2019 di halaman Mapolres Nganjuk, Kamis (29/8/2019) pagi.

Dimulainya Operasi Patuh Semeru 2019 ini dengan dipasangkannya pita sebagai tanda operasi dimulai. Pita itu disematkan oleh Kapolres Nganjuk kepada dua personel perwakilan dari Polisi Militer dan Satlantas Polres Nganjuk.

Kapolres Nganjuk  AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, S.I.K menyampaikan bahwa Operasi Patuh Semeru 2019 dilakukan secara periodik dengan mengedepankan pola pengamanan represif.

“Selain itu, Operasi Patuh Semeru 2019 mengedepankan cara bertindak preemtif dan preventif. Meski demikian, pelanggar akan ditindak tegas apabila kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas,” katanya.

Dewa menjelaskan, ada beberapa fokus pelanggaran pengendara yang akan langsung ditindak dalam Operasi Patuh Semeru 2019 di wilayah Nganjuk, yaitu pengendara motor yang tidak memakai helm standar, pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur, tidak memakai sabuk keselamatan (safety belt)

“Bagi kendaraan roda empat yang melebihi batas kecepatan juga kita tindak. Begitu pula penggunaan ponsel saat berkendara, minum alkohol atau mabuk saat mengemudi dan endaraan bermotor yang memasang lampu strobo, rotator dan atau sirine,” ungkapnya.

Dalam hal ini, kata Dewa, petugas akan mengambil tindakan bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara yang melanggar aturan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Petugas akan menindak tegas pengendara yang melawan arus dan angkutan umum yang menurunkan atau menaikkan penumpang di sembarang lokasi,” tegasnya.

Dewa berharap, Operasi Patuh Semeru 2019 dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat dalam berlalulintas. “Tujuan utamanya untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas,” tukasnya.

Pada rilis Satlantas Polres Nganjuk tersebut, juga dicantumkan tujuan Operasi Semeru 2019, yang disampaikan oleh Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta.

Yakni, “Wujudkan SDM Unggul dengan Tertib Berlalu-lintas, Aman dan Nyaman Berkendara”.

Nah, jika tidak ingin ditilang, sebaiknya pengendara selalu membawa SIM dan STNK yang masih aktif masa berlakunya. Selain itu, alat kelengkapan keamanan kendaraan harus lengkap, yakni spion, lampu, rem, klakson, speedometer, knalpot, ban cadangan mobil, dongkrak mobil, kotak P3K, dan lainnya.

Pengendara juga jangan melepas helm saat berkendara, dan menggunakan HP sambil mengemudi. Pelat nomor harus terpasang, ikuti petunjuk rambu lalu lintas dan traffic light, gunakan sabuk pengaman, dan nyalakan lampu utama, meskipun saat siang hari.

Reporter: Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *