Berita Utama Budaya Lintas Daerah News Regional Wisata

Ditemukan Candi Peninggalan Majapahit Dekat Brantas

NGANJUK – ANJUKZONE – Sebuah candi peninggalan kerajaan Majapahit kembali ditemukan di  area lahan warga di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngronggot. Seorang penggali pasir tidak sengaja menemukan gundukan bebatuan berbahan dari batu bata merah. Kemudian setelah digali lebih dalam, ternyata berupa bangunan candi yang masih berbentuk.

Seorang penggali pasir di dekat Sungai Brantas, Desa Banjarsari, Kecamatan Ngronggot menemukan sebuah candi yang masih berbentuk. Diperkirakan candi yang sebagian besar masih tertutup oleh tanah itu peninggalan kerajaan Majapahit. Di dalamnya diperkirakan masih ada satu arca yang belum dapat dilihat karena tertutup tanah.

“Masih ada satu lagi patung yang belum bisa diambil karenya relungnya masih tertutup tanah,” terang Amin Fuadi, di lokasi candi, Minggu, 03 Agustus 2019.

Oleh Dinas Pariwisata Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk kemudian dilakukan penggalian lebih dalam sehingga sebagian wajah candi terlihat.

Diperkirakan, candi berukuran 3,40 kali 3,40 sentimeter persegi, dengan tinggi yang tampak di atas permukaan 1,20 meter dan yang masih tertanam sekitar 3 meter. Sementara bagian tubuh candi juga masih tertanam.

Untuk memperlihatkan seluruh bangunan candi, Disparporabud Nganjuk masih harus berkoordinasi dengan pihak dinas pengairan. Karena di belakang bangunan candi berbatasan dengan tanggul sungai yang posisinya lebih tinggi dari lokasi candi. Selain candi, di sekitar lokasi juga ditemukan benda-benda kuna, berupa pecahan gerabah.

“Belum bisa membomngkar seluruhnya, karena sebelah barat adalah sungai, harus koordinasi dulu dengan pengairan,” tegas Amin.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *