Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik Regional

Bhabinkamtibmas ‘Baper’ Relakan Tunjangan Santuni Janda dan Yatim Piatu

Pembekalan Bhabinkamtibmas Polres Nganjuk dan Adu Program Kreatif Jadikan Polisi Idola

NGANJUK – ANJUKZONE – Sedikitnya 20 Bhabinmas dari masing-masing polsek jajaran membuat terobosan kreatif untuk diadu. Satu per satu mempresentasikan program unggulannya dalam mengelola wilayah binaannya. Salah satunya adalah Bripka Veddy Hari K, mengusung tema terobosan dan inovasinya sebagai Bhabinkamtibmas Desa Mlilir Kecamatan Berbek dengan progran BAPER (Bantuan Peduli Masyarakat).

Caranya, Bripka Veddy Hari K merelakan tunjangan sebagai Bahbinkamtibmas untuk tidak diambil untuk kebutuhan keluarga, melainkan dipergunakan untuk memberikan bantuan pada warga yang masih membutuhkan.

“Setiap satu bulan sekali, ada lima janda atau duda, atau yatim piyatu yang duduk di bangku SD mendapat bantuan dari program saya ini,” ungkap Bripka Veddy di hadapan tiga juri, yaitu Wakapolres Nganjuk Kompol David Triyo Prasojo S.H.,S.I.K.,Msi, Kasat Lantas AKP Am Rido Ariefianto S.I.K. dan Iptu Nicholas (Kasat Reskrim yang baru).

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-73 Bhayangkara. “Kita beri bekal kepada anggota bhabinkamtibmas agar ke depannya semakin bersemangat dalam mengemban tugas,” ujar kapolres, Rabu, 26 Juni 2019 di aula Mapolres Nganjuk.

Kapolres Nganjuk berharap, dengan diadakannya kegiatan ini fungsi Binmas semakin menjadi fungsi idola bagi anggota. Selain itu, anggota Bhabinkamtibmas semakin terdepan dalam mengemban tugas pembinaan di desa. “Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dan sebagai garda terdepan membina masyarakat,” tuturnya.

Dengan diadakannya lomba pemaparan program-program unggulan Bhabinkamtibmas ini, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan akan diadopsi sebagai program unggulan Polres Nganjuk. Karena selain menciptakan lapangan pekerjaan, terbukti program para Bhabinkamtibmas ini telah memberikan bimbingan serta modal usaha dan pengetahuan kepada masyarakat.

“Kehadiran bhabinkamtibmas tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman, tetapi juga secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan melalui potensi yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Sekadar diketahui, sebelum dilaksanakan adu program kreatif, sebanyak 284 Bhabinkamtibmas di seluruh Polsek jajaran Polres Nganjuk, menerima pembinaan langsung dari Tim Pusdik Binmas Mabes Polri, di aula Mapolres Nganjuk. Selain mendapat pembekalan, sebanyak 20 Bhabinmas sebagai perwakilan Polsek ikut lomba adu program dan terobosan kreatif di masing-masing Polsek.

Ratusan anggota Bhabinkamtibmas ini dibekali langsung oleh Narasumber AKBP Sigit Widagdo S.I.K., salah satu Tim penyuluh Mabes Polri. Mereka diberikan teknik dasar penyuluh yang menggugah. “Agar Binmas bisa jadi fungsi idola, kita tidak perlu iri apalagi menjelek-jelekkan fungsi lain,” kata AKBP Sigit Widagdo mengawali pembekalannya.

Menurutnya, fungsi lantas (lalu lintas) sangat diminati karena “sesuatu”. Begitu juga fungsi reskrim (reserse kriminal) juga diminati banyak anggota karena “sesuatu”. Agar fungsi binmas menjadi idola seperti fungsi lainnya, ada caranya. “Anggota binmas dan bhabinkamtibmas cukup berbuat sesuatu yang karena sesuatu itu fungsi binmas layak menjadi fungsi idola,” paparnya.

Dijelaskan pula bahwa fungsi dasar binmas adalah penyuluhan dan pembinaan. Tugas anggota fungsi Binmas dan Bhabinkamtibmas salah satunya harus bisa membuat orang tertawa dan nyaman. “Orang yang kehilangan harapan jadi penuh semangat, orang putus asa bisa bangkit lagi. Itu tugas anggota Binmas dan Bhabinkamtibmas,” urai Sigit.Masih masyarakat khusunya warga Kab.Nganjuk tetap percaya kepada tugas-tugas dilakukan oleh anggota Polri Polres Nganjuk.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *