Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik Regional

Sebulan Siswa Taruna Muda Bakal Berlatih Kerja di Polres Nganjuk

NGANJUK – ANJUKZONE – Polres Nganjuk menggelar upacara pembukaan latihan kerja Bhayangkara Muda Taruna Muda tingkat II angkatan ke-52 Batalyon Reksa Aksatriya  Daksa di halaman Mapolres Nganjuk, Selasa pagi, 28 Mei 2019. Upacara diikuti 16 taruna dan 2 taruni, anggota, perwira, dan staf Polres Nganjuk. Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan kerja kepada salah satu anggota taruna oleh Kapolres Nganjuk.

Polres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta dalam sambutannya menyampaikan, Polres Nganjuk telah ditunjuk sebagai salah satu institusi dari polres yang ada di Polda Jawa Timur untuk ditempati peserta latihan kerja tingkat II angkatan 52 batalyon Polda Jatim. Di mana di Polda Jawa Timur telah ditempatkan sedikitnya 285 siswa taruna, masing-masing terdiri dari 247 taruna dan  35 taruni.

“Sedangkan di Polres Nganjuk ditempati delapan belas orang, yaitu enabelas taruna dan dua taruni,” terang Kapolres Nganjuk saat memimpin upacara pembukaan latihan kerja taruna.

Polres Nganjuk menggelar upacara pembukaan latihan kerja Bhayangkara Muda Taruna Muda tingkat II angkatan ke-52 Batalyon Reksa Aksatriya Daksa di halaman Mapolres Nganjuk, Selasa pagi, 28 Mei 2019. (foto-sukadi)

Para taruna tersebut dijadwalkan mengikuti latiha kerja selama sekitar satu bulan, dimulai  tanggal 28 Mei hingga 25 Juni 2019. Mereka bakal mendapatkan kesempatan untuk latihan kerja di wilayah hukum Polres Nganjuk.

“Diharapkan para taruna dapat mentranfer apa yang dapat diketahui dan apa yang bisa dipelajari sebagai bekal di kemudian ketika kembali ke kampus ataupun nanti pada saatnya sudah bergabung dan dilantik menjadi perwira polisi,” tegasnya.

Sehingga lanjut kapolres, mereka dapat mengetahui dan memahami, bagaimana dinamika operasional, bagaimana dinamika administrasi yang riil di lapangan. Karena pendidikan yang diterima oleh para taruna masih bersifat teoritis. Sedangkan untuk mendapatkan pengetahuan yang  nyata, setelah terjun di lapangan yang berbeda dengan kenyataan di lapangan.

“Inilah yang harus kita tunjukkan kepada para taruna dan berharap agar bisa menerima semua yang ada di sekeliling taruna,” katanya.

Pada akhir sambutannya, kapolres berpesan, hendaknya setelah mengikuti latihan kerja , para taruna dapat mengaplikasikan tugas fungsi pokok kepolisian yang telah didapatkan. Selama di polres, taruna dapat menggali pengetahuan, seperti dari lantas, serse dan sebaginya.

“Fungsi operasional mapun fungsi administrasi segera dipahami  dan dihayati betul,” tukasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *