Berita Utama Hukum Kriminal Lintas Daerah News Regional

Polres Nganjuk Gagalkan Satu Truk Miras Siap Edar

Pelaku Residivis Dua Kali Dipenjara Kasus Serupa

NGANJUK – ANJUKZONE – Anggota Polres Nganjuk berhasil menggagalkan peredaran minuman keras (miras) jenis arak Jowo (Arjo) yang akan diedarkan ke seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk. Tidak tanggung-tanggung, miras dalam skala besar tersebut didatangkan dari daerah Jawa Tengah, diangkut menggunakan truk. Sialnya, setelah memasuki wilayah hukum Kabupaten Nganjuk, truk yang di dalamnya memuat 150 jiriken arjo tersebut langsung dihentikan oleh petugas di perbatasan Madiun – Wilangan.

Lantas, barang dan pemilik barang diamankan oleh petugas di Mapolres Nganjuk. Kepada petugas, Murtini, (50) pemilik miras menyampaikan bahwa barang haram tersebut didapat dari Jawa Tengah dan hendak diedarkan di warung-warung dan di rumahnya sendiri yang berada di Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso.

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta SIK, MH menjelaskan, penangkapan dilakukan saat petugas melakukan Operasi Pekat Semeru 2019.

“Saat dilakukan operasi, tersangka tertangkap tangan membawa miras arjo 150 juriken dan saat ini masih dalam proses penyidikan, dengan barang bukti  miras arjo 150 juriken dan 1 unit truk,” ungkapnya saat konferensi pers bersama awak media, Rabu, 15 Mei 2019 di halaman mapolres.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 204 ayat 1 KUHP dan Subs Pasal 141 UU RI no 18 tahun 2012 dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun penjara denda Rp 4 milyar.

Dikatakannya, tersangka merupakan residivis dengan kasus yang sama yaitu membawa miras jenis arjo. Sebelumnya, bulan Maret 2014 dan 2018, tersangka telah divonis oleh Pengadilan Negeri Nganjuk di kasus yang sama. Kali ini adalah kasus kali ketiga setelah dua kali sempat dijebloskan penjara dalam kasus serupa.

“Beruntung miras tersebut tidak sampai menyebar di wilayah Nganjuk, sehingga generasi muda bisa terhindar dari bahaya minuman keras,” pungkasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *