Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah Nasional News Politik Regional

FKUB Nganjuk Tolak Aksi People Power

NGANJUK – ANJUKZONE – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Nganjuk menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya di Nganjuk untuk tidak terpengaruh rencana aksi people power seperti beredar di berbagai media sosial. Rencana aksi people power dilaksanakan bertepatan pengumuman hasil pemilu oleh KPU, 22 Mei 2019 mendatang adalah hal yang merisaukan masyarakat.

Ketua FKUB Kabupaten Nganjuk, H. Solihin Nasrudin justru memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penyelenggara pemilu, TNI dan Polri yang telah ikut mengamankan jalannya pemilu 2019 dengan aman dan damai, tanpa ada hal merisaukan masyarakat. Mereka secara bersama-sama dapat menahan diri, agar kondisi masyarakat, terutama di Kabupaten Nganjuk bisa kondusif.

“Tidak perlu, kita ikut-ikutan people power dan seterusnya. Saya kira, pendidikan demokrasi dengan menyalurkan suara melalui pemilu itu sudah jalan yang terbaik,” ujar H. Solihin Nasrudin.

(Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta/foto-Sukadi)

Terpisah, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta menyampaikan, guna mengantisipasi timbulkan gangguan keamanan dan ketertiban pasca pemilu dengan langkah preventif, yaitu melakukan kegiatan patroli, menjaga obyek-obyek vital, menjalin silaturahmi kepada berbagai pihak, dan sebagainya.

Menurut Kapolres, dalam kegiatan preventifnya, disampaikan kepada masyarakat Nganjuk bahwa pemilu telah usai, meski tahapan masih berlangsung.

“Mari kita ikuti tahapan sesuai dengan konsensus!. Itu yang kita sampaikan terus menerus kepada warga sehingga masyarakat juga ikut berperan serta di dalam menjaga kondisi kamtibmas, khususnya di Kabupaten Nganjuk,” terang Kapolres pada acara silaturahmi bersama penyelenggara pemilu Kabupaten Nganjuk, di Mapolres, Selasa sore, 14 Mei 2019.

Terkait rencana aksi people power yang sedang santer beredar di berbagai media sosial, Kapolres Nganjuk menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya di Kabupaten Nganjuk untuk tidak terprovokasi. Justru pihaknya, mengajak kembali kepada wujud filosofi silaturahmi, yakni kembali kepada kondisi semula, agar di Kabupaten Nganjuk dapat tercipta suasana damai.

“Kita himbau kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan hal-hal tersebut,” tegasnya.

Kendati demikian, guna mengamankan hasil pemilu, baik pilpres maupun legislatif, pihaknya terus bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan partai politik.

“Contohnya, sore ini, kita kumpul bersama untuk silaturahmi, karena kita memiliki satu visi, yaitu untuk kemajuan bangsa,” tukasnya.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *