Berita Berita Utama Birokrasi Edukasi Lintas Daerah News Regional

Pemkab Nganjuk Luncurkan Angkutan Sekolah Gratis

Antisipasi Kemacetan dan Kecelakaan Berkendara Pelajar

NGANJUK – ANJUKZONE – Mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan berkendara pada pelajar, Pemkab Nganjuk me-launching angkutan sekolah gratis.Sedikitnya ada 11 armada yang hendak digunakan untuk mengangkut para pelajar jenjang SLTP  dan SLTA  di Nganjuk. Kendaraan terdiri dari 4 bus dan 7 kendaraan Colt jenis L-300. Sayang dari 11 armada yang akan digunakan, hanya ada satu kendaraan yang kondisinya baru, sedang 11 kendaraan lainnya dalam kondisi bekas. Tampaknya, kendaraan yang akan mengantar pelajar selama jam sekolah tersebut hasil kontrak dari pemilik angkutan umum, berplat nomor polisi kuning dan hanya ada satu kendaraan berplat merah, milik Dishub Nganjuk.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat saat me-lanching angkutan sekolah gratis menyampaikan, untuk sementara baru ada 11 armada angkutan sekolah gratis yang disiapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Nganjuk yang akan beroperasi. Kendaraan-kendaraan tersebut direncanakan beroperasi sejak pukul 05.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB bagi pelajar SLTP. Sedangkan bagi pelajar SLTA, kendaraan beroperasi hingga pukul 15.00 WIB.

Sedangkan dari 11 armada kendaraan tersebut, terbagi menjadi 9 rute. Masing-masing berangkat dari sejumlah titik yang ada di kecamatan menuju pusat kota Nganjuk. Misalnya, dari kecamatan Sawahan menuju Nganjuk, Wilangan menuju Nganjuk, Gondang menuju Nganjuk, Pace menuju Nganjuk, dan lain sebagainya. Begitu juga sebaliknya, bila waktunya jam sekolah berakhir, kendaraan-kendaraan tersebut juga akan mengangkut pelajar dimulai dari pusat kota, kemudian menyebar ke wilayah kecamatan masing-masing.

“Bersyukur, pemerintah daerah Nganjuk dapat merealisasikan angkutan sekolah gratis. Untuk sementara, baru sebelas kendaraan yang dapat beroperasi, sambil menunggu ke depan kita evaluasi. Bila memang ada nilai tambahnya, maka akan kami tingkatkan,” terang Bupati Novi saat me-launching angkutan sekolah gratis di alun-alun Berbek, Jumat pagi 10 Mei 2019.

Hadir dalam acara launching kendaraan sekolah gratis adalah Forum Pimpinan Daerah Nganjuk di antaranya Kapolres Nganjuk, Komandan Kodim 0810 Nganjuk, Kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk, Kepala Pengadilan Negeri Nganjuk, beserta beberapa pejabat OPD Kabupaten Nganjuk, guru, serta pelajar.

usai menyampaikan kata sambutan, bupati novi dan wakilnya marhaen djumadi ndidampingi anggota forum pimpinan daerah bersama-sama menyiramkan air kendi ke kendaraan. kemudian dilanjutkan dengan uji coba kendaraan dan mengantar pelajar ke sekolah-sekolah.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *