Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Prestasi Regional

SMPN 1 Bagor Wisuda Ratusan Siswa

NGANJUK – ANJUKZONE – Mengakhiri masa studi, tahun pelajaran 2018-2019, ratusan siswa kelas 9, SMPN 1 Bagor menyelenggarakan wisuda dan pelepasan di halaman sekolah, Kamis, 02 Mei 2019. Acara wisuda disemarakkan dengan berbagai pertunjukkan kesenian, atraksi, paduan suara, dan pembagian piagam penghargaan bagi siswa berprestasi. Pertunjukkan yang ditampilkan tidak hanya dari murid, namun dari para guru juga tak mau ketinggalan.

Hadir dalam acara pisah kenang, sejumlah pejabat forum komunikasi pimpinan kecamatan (forkompimcam) Bagor, anggota komite sekolah, pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, guru, serta siswa 7 dan 8.

Kepala SMPN 1 Bagor, Suhardi, S.Pd menyampaikan, acara wisuda dan pelepasan khusus kelas 9 selalu dilaksanakan setiap setahun sekali menjelang kelulusan. Hanya untuk tahun ini, acara wisuda dan pelepasan dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelum dilepas, seluruh siswa diwisuda layaknya mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya. Peserta wisudapun mengenakan jas, dibimbing masing-masing wali kelasnya, mereka satu per satu dipanggil lewat pengeras suara menuju panggung untuk dikalungi medali.

prosesi wisuda siswa SMPN 1 Bagor, Kamis, 02 Mei 2019/foto:sukadi

Hanya sebelum acara wisuda, diawali sebuah prosesi pelepasan kelas 9. Adegan pelepasan antara kakak dengan adik kelas berlangsung dramatis di atas panggung.

Mereka saling berpelukan seakan enggan terlepas dari dekapan. Namun, lambaian tangaan antara kakak dan adik tersebut memaksa untuk berpisah guna menapak masa depan lebih cerah. Selanjutnya mereka secara bergiliran sungkem kapada guru wali kelasnya masing-masing.

Wanda, salah satu wisudawati menyampaikan, selama mengikuti acara pelepasan kelas sembilan merasa terkesan. Selain banyak acara yang disajikan, juga selama menikmati pendidikan selama tiga tahun pada almamaternya banyak kenangan yang di dapat.

“Kami mohon maaf kepada bapak ibu guru SMPN 1 Bagor bila selama tiga tahun kami bersekolah, selalu merepotkan dan menjadi anak yang bandel,” ucap Wanda.

Muntiani, salah satu guru SMPN 1 Bagor mengaku bangga terhadap para wisudawan tahun ini. Meski selama tiga tahun bersama peserta didiknya, namun terasa cepat waktu berlalu. Hanya Muntiani berharap, para wisudawan nantinya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mencapai kesuksesan yang luar biasa.

“Masih banyak kesempatan untuk mencari ilmu, jangan sampai berhenti sampai di SMP, semua berusaha agar bisa melanjutkan sekolah,” katanya.

Acara wisuda lebih semarak ketika beberapa suguhan atraksi turut memeriahkan jalannya acara wisuda kelas 9 tersebut. Diawali dengan pertunjukkan hadroh Al-banjari, karawitan, atraksi pencak silat, grup band, drama kolosal, paduan suara dari siswa dan sebagainya. Tak ingin ketinggalan, para ibu guru juga turut memeriahkan acara wisuda kelas 9 dengan menampilkan paduan suaranya.

Reporter:Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *