Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik Regional

Bawaslu Deklarasikan “Salam  Awas” Generasi Millenial

Tangkal Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019

NGANJUK – ANJUKZONE – Mengantisipasi penyebaran berita hoaks menjelang pemilu 2019, Bawaslu Nganjuk mendeklarasikan “salam awas” generasi millenial, di Alun-alun Nganjuk, Minggu pagi, 03 Maret 2019. Deklarasi dihadiri  Plh. Bupati Nganjuk, Marhaen Jumadi, Sekda Nganjuk, Agoes Soebagijo, Koordinator Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi, Anggota Bawaslu Nganjuk, serta anggota bawaslu seluruh kecamatan di Kabupaten Nganjuk.

Deklarasi ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan salam generasi millenial bertema pengawasan partisipasif di media sosial oleh Plh. Bupati Nganjuk, Sekda, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, anggota bawaslu, anggota bawaslu kecamatan, serta beberapa warga masyarakat Nganjuk.

Tanda tangan deklarasi “salam awas” Generasi Millenial di Alun-alun Nganjuk (foto-sukadi)

Aang Kunaifi, Koordinator Pengawas Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyampaikan, maraknya berita hoaks di media sosial mendapat perhatian serius dari pihak bawaslu. Lebih-lebih menjelang pelaksanaan pemilihan umum yang akan berlangsung 17 april 2019 nanti, jangan sampai masyarakat ikut-ikutan memviralkan berita-berita hoaks.

Aang berharap, terutama kepada generasi millenial yang aktif di media sosial untuk mencerna, memilih dan memilah berita-berita mana yang benar dan yang salah, sebelum diviralkan di media sosial.

Untuk menangkal berita hoaks, bawaslu bekerjasama dengan jajaran kepolisian dan kominfo untuk mengetahui dan melacak dengan cepat, sumber-sumber berita hoaks yang terlanjur diviralkan.

Hal ini, guna menciptakan penyelenggaraan pemilu yang kundusif, baik selama massa tenang, pada saat penyelenggaraan pemilu, maupun pasca pemilu.

Selain mengantisipasi peredaran berita hoaks, bawaslu juga telah memetakan wilayah-wilayah  mana saja yang potensi terjadi poltik uang.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *