Berita Berita Utama Birokrasi Edukasi Lintas Daerah Nasional News Politik Regional

Suryo Alam Cairkan Beasiswa PIP Jalur Aspirasi DPR-RI

Sudah Puluhan Ribu Paket Disalurkan untuk Siswa Semua Jenjang

NGANJUK – ANJUKZONE – Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam sudah merealisasikan puluhan ribu paket beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), untuk peserta didik di Kabupaten Nganjuk dari berbagai jenjang.

Di tahun 2019 ini, kembali wakil rakyat dari Partai Golkar ini menyalurkan beasiswa PIP jalur aspirasi DPR-RI sebanyak 5 ribu lebih paket untuk peserta didik SD, SMP,  dan SMA/SMK, dari total 11.156 paket yang akan dibagikan di Kabupaten Nganjuk.

Paket tersebut sudah disalurkan secara merata di hampir semua desa dan kecamatan di Nganjuk. Dalam penyaluran di Posko Bolo Suryo tersebut, ada sekitar 294 wali murid dan peserta didik yang menerima bantuan. Mereka berasal dari 119 sekolah, dan dari berbagai desa dan kecamatan. Paket bantuan diserahkan langsung oleh Suryo Alam, disaksikan oleh mantan Wakil Bupati Nganjuk KH. Abdul Wachid Badrus, saat membagikan beasiswa PIP di Posko Bolo Suryo, Jalan Mastrip, Kelurahan Ganungkidul, Kecamatan Nganjuk, Jumat 1 Maret 2019.

“Program PIP melalui jalur aspirasi DPR-RI memang jauh lebih efektif dirasakan langsung manfaatnya oleh peserta didik,” terang wakil rakyat Dapil VIII Jawa Timur ini.
Untuk pengambilan, lanjut Suryo Alam, uangnya langsung diambil sendiri oleh bapak dan ibu di bank. Tidak lewat sekolah, tidak ada potongan-potongan.

“Langsung datang saja ke bank yang ditunjuk. Cukup bawa surat dari saya, KTP, KK, dan kartu pelajar,” terangnya.

Prosesnya, lanjut Suryo Alam, relawan Bolo Suryo, pertama-tama melakukan pendataan sebelum bantuan disalurkan. Hasilnya, puluhan ribu peserta didik Kabupaten Nganjuk akhirnya bisa menerima program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta didik.

Adapun besaran beasiswa PIP untuk peserta didik SD sebesar Rp 450 ribu, peserta didik SMP sebesar Rp 750 ribu, dan peserta didik SMA/SMK sebesar Rp 1 juta.

“Program ini jelas peruntukannya. Untuk menunjang peserta didik agar dalam menempuh bangku pendidikan tidak sampai mengalami masalah terutama tentang biaya, meskipun sekolah itu gratis. Untuk total PIP jalur aspirasi DPR RI mencapai 14 ribu lebih peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan,” katanya.

KH. Abdul Wachid Badrus, mantan wakil Bupati Nganjuk (foto-sukadi)

Saat menghadiri proses penyaluran beasiswa PIP, mantan Wakil Bupati Nganjuk KH. Abdul Wachid Badrus, mengatakan, di yayasan yang dikelolanya, Yayasan Al Khoiriyah, lebih dari 300 peserta didik telah menerima beasiswa PIP.  Kesuksesan penyaluran PIP di sekolah-sekolah seluruh wilayah Nganjuk, mulai jenjang SD,SMP hingga SMA dan sederajat, adalah bukti nyata bahwa posisi Suryo Alam di Komisi X DPR-RI, sudah memberi banyak manfaat langsung kepada masyarakat Nganjuk secara cepat, tepat dan efektif.

Kismiati, salah satu orangtua penerima beasiswa PIP mengatakan, dia sangat bersuyukur dan berterima kasih, karena kini beban biaya sekolah anaknya di SDN Sudimoroharjo 2 Wilangan menjadi lebih ringan.

Beasiswa yang diterima sebesar 450 ribu rupiah akan digunakan untuk kebutuhan sekolah anaknya.

“Alhamdulillah, mendapat beasiswa PIP dari Bapak Suryo Alam, mudah-mudahan beliau dapat dipilih lagi jadi anggota DPR RI, dan bisa menyalurkan beasiswa lebih banyak,” ujar Kismiati yang ngaku belum mengenal Suryo Alam sebelumnya itu. (adv)

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *