Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik Regional

Lantik Kades Baru Bupati Novi Pesan Begini!

NGANJUK – ANJUKZONE – Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat melantik dan mengambil sumpah kepala desa (kades) terpilih pada Selasa, 19 Februari 2019 di pendapa kabupaten. Sedikitnya ada 165 kades dari 168 yang telah dilantik. sedangkan 3 kades yang lain masih harus menunggu kepastian hukum. Di antaranya, calon kades Ngudikan, Kecamatan Wilangan, Candirejo, Kecamatan Loceret dan Ngadirejo, Kecamatan Tanjunganom.

Masalah Desa Ngudikan, Kecamatan Wilangan lantaran masih menunggu kepastian hukum dari PTUN Surabaya setelah dilaporkan oleh salah satu calon karena terjadi suara tidak sah sebanyak 1.620 lembar.

Sedangkan kasus di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, ada salah satu calon yang tidak puas karena menganggap panitia pemilihan kades tidak fair dan memihak kepada salah satu calon yang menang.

Sementara di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tanjunganom, ikut tidak dilantik lantaran calon kades yang unggul masih berstatus sebagai anggota DPRD Nganjuk. Sehingga harus menunggu turunnya surat permohonan mundur sebagai anggota Dewan. Diperkirakan calon kades Ngadirejo ini akan dilantik bersama-sama hasil pilkades periode kedua, Maret 2019 mendatang.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dalam sambutannya menyampaikan kepada para kades yang baru saja dilantik, jangan pernah terbesit sedikitpun saat menjabat sebagai kades, berkesempatan mencari pulihan, meski sebentar lagi proses pengisian perangkat desa akan dilaksanakan.

“Jangan sampai jabatan kades digunakan sebagai ajang untuk mencari penghasilan tambahan,” pesan Bupati Novi di hadapan 165 kades yang baru saja dilantik.

Justru Bupati Novi mendesak kepada semua kades agar mengembangkan potensi di desanya masing-masing, di antaranya pengembangan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia dan pengembangan kemandirian sistem perekonomian di tingkat desa.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *