Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Regional

Antisipasi Keamanan Pilkades Srentak Polres Nganjuk Terjunkan 1500 Personel Gabungan

NGANJUK – ANJUKZONE – Mengantisipasi keamanan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Nganjuk yang digelar hari ini, Selasa, 12 Februari 2019, Polres Nganjuk menerjunkan sebanyak 1.500 personel gabungan. Mereka terdiri dari 900 personel kepolisian dari Polres Nganjuk, 100 personel dari polres jajaran di sekitar Nganjuk, seperti dari Polresta Blitar, Polres Blitar, Polresta Kediri dan Polres Kediri.

Pasukan pengamanan juga diperkuat dengan 100 personel Brimob yang didatangkan dari Detasemen Kompi C Kediri.

Di luar itu, pengamanan juga diperkuat dengan 400 personil dari TNI, Satpol PP dan linmas.

“Pilkades diikuti sebanyak 223 desa yang tersebar di 20 kecamatan, sehingga memerlukan upaya pengamanan ekstra dan besar-besaran,” Kapolres Nganjuk, AKBP Dewan Nyoman Nanta Wiranta usai Apel Serpas Pengamanan Pilkades serentak..

Keseluruhan pasukan gabungan tersebut dikumpulkan di lapangan Mapolres Nganjuk, Senin, 11 Februari 2019, atau H-1 pelaksanaan pilkades serentak, untuk mengikuti Apel Serpas Pengamanan Pilkades serentak.

Hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk.

Kapolres membeberkan, seluruh personil pengamanan tersebut, selain diperbantukan di tempat pemungutan suara (TPS), juga disiagakan untuk di situasi tertentu, misalnya patroli.

Polisi juga telah memetakan berbagai macam potensi kerawanan dan antisipasinya.

Sementara itu, Wabup Marhaen menyampaikan, kepada seluruh personil keamanan agar menyiapkan bertugas secara humanis, senyum dan memberi solusi, dengan bahasa yang menyejukkan.

Sedangkan untuk masyarakat yang di desanya dilaksanakan pilkades, Wabup menyerukan agar bersemangat datang ke TPS, untuk menyalurkan suaranya.

“Berbeda pilihan biasa, itu justru rahmat dari Allah. Maka, jagalah ketertiban, keamanan, kerukunan, dan keguyuban warga Nganjuk. Pilkades janga lupa bahagia,” ujar Marhaen.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *