Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Regional

Kolosal Rombak Pejabat, Bupati Nganjuk Terapkan Sistem Talent Pool

Berharap Akan Siap SDM-SDM Berkualitas dan Kompeten

NGANJUK – ANJUKZONE – Evaluasi kinerja pejabat Nganjuk dimulai di awal pemerintahan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Wakilnya Marhaen Djumadi. Hasilnya bakal dijadikan acuan untuk melakukan penataan birokrasi di lingkup Pemkab Nganjuk dalam waktu dekat. Rencananya mutasi pejabat eselon II dan III dilakukan secara kolosal. Tak heran, bakal terjadi perombakan jabatan besar-besaran pula di setiap OPD.

“Ini untuk kita lakukan mutasi. Saya cari dulu, jabatannya mana yang cocok, ini si A di mana, si B di mana, si C menjabat apa,” ujar Bupati Novi, usai membuka assessment 108 pejabat eselon III Pemkab Nganjuk, di Aula BLK Nganjuk, Rabu, 30 Januari 2019 lalu.

Dalam proses pengisian jabatan tidak akan menggunakan cara lelang terbuka. Melainkan dengan sistem talent pool, atau pemetaan hasil penilaian potensi dan kompetensi.

Talent pool ini adalah untuk percepatan. Kenapa? Kalau hanya pakai lelang terbuka, itu nanti tidak menyelesaikan permasalahan di Nganjuk,” ujar Novi.

Menurutnya, selama ini pengisian jabatan dan proses regenerasi di Pemkab Nganjuk tidak ada SDM-nya yang benar-benar disiapkan.

Karena itu, dengan sistem talent pool, Bupati Novi berharap akan siap SDM-SDM yang berkualitas dan kompeten.

“Sehingga, dalam pengisian jabatan yang kosong nanti, saya bisa memilih si A, si B, si C, cocoknya untuk jabatan yang mana,” lanjut Novi. Untuk hal ini, dia juga mempertimbangkan hasil evaluasi dan masukan dari tim panitia seleksi (pansel) assessment.

Bupati memberi gambaran, untuk satu posisi jabatan, ada tiga sampai lima nama yang direkomendasikan. Selanjutnya, akan dipilih dan diputuskan siapa yang menduduki jabatan tersebut.

“Ya mungkin dengan istikharah dulu,” ujar Bupati.

Bupati Novi juga berjanji, akan mengawal ketat proses pengisian jabatan ini, agar tidak ada praktik jual-beli jabatan.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *