Berita Utama Lintas Daerah News Regional

Jalan Desa Tak Kunjung Dibangun Warga Protes Tebari Ikan Lele

NGANJUK – ANJUKZONE – Bukan lantaran alasan terkana dampak pembangunan jalan tol trans Jawa yang melintas wilayah Nganjuk sehingga membuat sejumlah jalan rusak parah setelah dilewati truk bertonase berat pengangkut material. Beberapa jalan lain pun yang jauh dari dampak pembangunan jalan tol banyak juga yang rusak meski tidak pernah dilalui truk pengangkut material jalan tol. Salah satunya akses jalan yang ada di di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk kondisi rusak parah. Bukan hanya kondisi aspal yang mengelupas dan bebatuan berserakan, tapi banyak kubangan begitu dalam. Tak heran sering membahayakan bagi pengguna jalan.

Karena jengkel terhadap pemerintah daerah, musim hujan ini, warga Desa tanjungkalang melakukan unjukras dengan menebar puluhan  ikan lele di bagian jalan yang menyerupai kolam.

Agus Karyono, 35, salah satu warga Desa Tanjungkalang mengungkapkan, aksi tebar ikan lele itu dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. Ini disebutnya sebagai bentuk sindiran sekaligus protes kepada pemerintah daerah, yang tak kunjung memperbaiki kerusakan jalan.

“Sudah dua hari ini ikan-ikan lele disebar ke tengah jalan, sejak kemarin (3/2),” ujar Agus, Senin 4 Februari 2019. Sebelum aksi tak lazim ini, Agus menyebut warga juga pernah menanami pohon pisang di atas lubang jalan.

Aksi tebar lele itu spontan menarik perhatian warga terutama. Anak-anak menganggapnya sebagai hiburan, sampai rela mandi di kolam lumpur untuk berebut ikan. Sedangkan warga dewasa berharap, dari aksi tersebut bisa segera mengetuk hari Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat dan jajaran pemerintahannya, dan segera turun tangan memperbaiki jalan.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *