Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Regional

Tanam Seribu Pohon Peringati Hari Pers Nasional

NGANJUK – ANJUKZONE– Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk bekerjasama dengan Kodim 0810/Nganjuk, Perhutani Nganjuk, Pemkab Nganjuk, melakukan penanaman seribu pohon di Desa Duren, Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Selasa, 05 Februari 2019.

Kegiatan ini, PWI juga dibantu oleh seluruh perguruan pencak silat se-Nganjuk yang tergabung dalam IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Cabang Nganjuk menanam bibit sengon.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo menyampaikan, kegiatan ini salah satunya bertujuan mencegah daerah pegunungan dari potensi bencana. Menurutnya, meskipun kini kondisi alam sekitar sudah hijau, namun langkah seperti ini perlu dilakukan. Pasalnya, beberapa waktu lalu kawasan pegunungan ini gundul akibat pembalakan luar, sampai memicu longsor dan banjir lumpur.

“Meskipun sudah hijau tapi budaya penanaman pohon perlu dilakukan. Dengan begitu potensi akan terjadinya bencana alam akan jauh lebih kecil,” ungkapnya.

Administratur Perhutani Nganjuk, Bambang Cahyo Purnama menyampaikan, kegiatan penggalakan penanaman seribu pohon sangat perlu dilakukan. Hal itu guna mengantisipasi gundulnya hutan di wilayah yang dipangkunya. “Perlu sekali dilakukan, ini untuk mengantisipasi agar hutan di wilayah kami tidak gundul,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, pihaknya sengaja turut serta berpartisipasi dalam kegiatan positif ini. Apalagi mengingat saat ini sudah mendekati detik-detik menjelang Hari Pers Nasional yang hanya tinggal hitungan hari. Selain itu, PWI Nganjuk berharap pasca terselenggaranya acara ini akan membuat daerah berjuluk kota angin bisa menjadi lebih hijau, sehat, dan terhindar dari segala macam bencana.

“Ini merupakan rangkaian HPN 2019 di Kabupaten Nganjuk. Semoga pohon yang ditanam dapat membuat kota angin lebih hijau, sehat dan terhindar dari bencana,” katanya.

Wakil Bupati (Wabup) Nganjuk Marhaen Djumadi juga hadir mewakili Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat yang berhalangan. Dalam sambutan Wabup, mewanti-wanti para pendekar pencak silat yang hadir dari berbagai perguruan agar terus menjaga persatuan.
Tampak turut serta dalam kegiatan reboisasi adalah Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso dan Ketua PSHT Cabang Nganjuk, Gondo Hariono.
“Yang paling penting, khusus Nganjuk semua pendekar dari perguruan silat manapun harus kompak dan menjaga persatuan. Dengan keterlibatan dalam penanaman pohon ini semoga makin menambah nuansa keakraban,” tandasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *