Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik

RPJMD Nganjuk Targetkan Rp 3,5 T pada APBD 2023

NGANJUK – ANJUKZONE – Anggota DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk sedang mengadakan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Nganjuk tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJDM) Kabupaten Nganjuk untuk periode tahun 2019 – 2023. Pembahasan dilakukan di ruang rapat paripurna DPRD Nganjuk diikuti oleh Forkompimda, anggota DPRD, dan OPD Kabupaten Nganjuk, Senin malam, 04 Februari 2019.

Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mewakili Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat menyampaikan sedikitnya ada 4 hal penting yang masuk dalam draft RPJMD Nganjuk periode 2019 – 2013. Diantaranya, terkait eksistensi kondisi dan potensi pemerintah daerah nganjuk saat sekarang, isu-isu strategis apa saja yang telah muncul sehingga dikaitkan dengan visi, missi Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk untuk pembangunan lima tahun mendatang. Dan proyeksi lima tahun ke depan untuk mencapai pembangunan, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Serta pyoyeksi pendapatan daerah dimana hingga tahun 2023 nanti dapat mencapai sedikitnya Rp 3,5 Triliyun dari APBD Nganjuk. “Sehingga dapat menjadi modal untuk membangun nganjuk lebih baik,” ujar Marhaen Djumadi dalam penyampaian RPJMD-nya.

Sedangkan hal-hal yang menjadi prioritas RPJMD Nganjuk adalah sektor infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam bidang infrastruktur, Pemkab Nganjuk telah merencanakan pembangunan di segala bidang, termasuk pembangunan akses jalan, irigasi, dan pusat perbelanjaan dan toko-toko swalayan.

Dalam bidang pendidikan, pemerintah daerah merencanakan pendidikan wajib belajar  9 tahun dari rata-rata masih di tingkat rasio anak sekolah 7 tahun.

Dalam bidang kesehatan,  pemerintah daerah mengupayakan layanan kesehatan yang merata bagi warga Nganjuk dengan melihat potensi rumah sakit dan puskesmas, serta layanan kesehatan yang lain.

“Apabila kondisi ekonomi meningkat, tentunya semua sektor lain juga ikut terangkat,” tegasnya.

Selain penyampaian RPJMD, rapat paripurna juga diserahkan berkas Raperda Kabupaten Nganjuk tentang penggunaan jalan umum untuk angkutan hasil tambang berupa tanah urug dan penyelenggaraan pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *