Berita Utama Budaya Entertainment Lintas Daerah News Wisata

Kekuatan Magis Boneka Rara Bengok Ini Ceritanya

NGANJUK – ANJUKZONE– Salah satu koleksi benda bersejarah yang tersimpan di Museum Anjukladang Nganjuk adalah boneka Lara Bengok. Boneka berukuran, tinggi 52 sentimeter, lebar 20 sentimeter, panjang 20 sentimeter, dan tebal 10 sentimeter tersebut tersimpan dengan baik dalam musuem yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Nganjuk.

Koleksi boneka Lara Bengok terbuat dari bahan kayu, berjumlah satu boneka kayu laki-laki, dua boneka kayu perempuan, dan dua boneka kayu bebek. Hanya, penampilan boneka-boneka tersebut terlihat kaku dengan perpaduan warna cat yang sederhana.

Menurut Kasi Kasi Sejarah, Seni Tradisi, Museum dan Kepurbakalaan Disparporabud Nganjuk, Amin Fuadi, latar sejarah boneka Lara Bengok, pada masa lalu sering digunakan sebagai pelengkap sesaji para perias temanten. Lantaran, seperangkat boneka berjumlah lima buah tersebut dipercaya memiliki kekuatan magis yang dapat dimintai tolong untuk menghasilkan hasil riasan temanten putri agar terlihat lebih cantik.

“Biasanya para perias temanten jaman dulu, untuk menghasilkan hasil riasannya agar tampak lebih cantik bagi temanten putri, dia nyambat (minta bantuan,red) dari kekuatan magis Lara Bengok,” ujar Amin.

Hanya, dalam perkembangnnya, boneka Rara Bengok tersebut lebih berperan sebagai sarana hiasan yang diletakkan di depan pelaminan (kwade: bahasa Jawa). Bahkan, beberapa anak jaman sekarang memanfaatkan boneka Rara Bengok sebagai alat bermain, “manten-matenan”.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *