Berita Utama Budaya Entertainment Lintas Daerah News Wisata

Arca Durga Mahisasuramardini Membunuh Raksasa Asura

NGANJUK – ANJUKZONE – Benda cagar budaya ini bernama Durga Mahisasuramardini. Benda bersejarah ini berbahan batu, berwarna merah kehitaman, tinggi 72 cm, panjang 48 cm, dan lebar 30 cm. Kondisinya masih bagus, tersimpan di Museum Anjukladang, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Menurut Juru Pelihara Museum Anjuk Ladang, Dendi Trianto, Durga Mahisasuramardini ini menggambarkan sikap berdiri di atas kerbau, kepala patah tetapi sudah disambung, kepala memakai mahkota, muka aus, bertangan enam, leher memakai kalung, kedua tangan depan memakai kelat bahu,  tangan kiri depan memegang untaian kain yang menutupi tubuh bagian bawah, sedang tangan kiri yang satu memegang rambut raksasa kerdil yang keluar dari kepala kerbau, tangan kiri belakang berjumlah dua memegang kain. Tangan depan kanan memegang ekor kerbau, tangan kanan belakang memegang sesuatu yang tidak jelas.

Adapun latar sejarah dari Arca Durga Mahisasuramardini adalah salah satu istri dari Dewa Siwa. Durga dikenal sangat sakti. Terlihat pada arca ini, Durga berhasil membunuh kerbau, jelmaan Asura, yaitu raksasa yang mengganggu kahyangan. Kedua tangan Durga terlihat menarik rambut Asura dan ekor kerbau.

Biasaya, Arca Durga diletakkan di relung sisi utara Candi Hindu. (Sumber: Museum Anjukladang, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur)

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *