Berita Utama Hukum Kriminal Lintas Daerah News

Hendak Gelar Pengajian, Kades Sombron Meringkuk di Penjara

NGANJUK – ANJUKZONE – Tidak ada firasat sama sekali bahwa nasib Hartono, Kades Sombron, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini berujung di bui. Kamis sore, 27 Desember 2018, di rumah Kades Hartono hendak dilangsungkan pengajian, dengan mengundang kiai dan penceramah, serta undangan. Sehingga, tidak ada tanda-tanda bahwa orang nomor satu di Desa Sombron itu bakal menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk pagi harinya.

Menurut Bambang Sukoco, SH., MH., pengacara Kades Hartono, sebenarnya, sebelum ditahan Kejari Nganjuk, kliennya berencana menggelar pengajian di desanya. Bahkan undangan sudah disebar. Kiai dan penceramah juga sudah disiapkan. Awalnya, Kades Hartono disebut Bambang tak punya firasat bakal ditahan. Karena, dia santai saja saat memenuhi panggilan pemeriksaan Kejari Nganjuk.
“Pengajiannya tidak bisa diundur. Bisa-bisa batal. karena ini ternyata (Kades Hartono) langsung ditahan,” ucap Bambang.

Menurut Bambang Sukoco, Kades Hartono ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan, karena diduga melakukan penyalahgunaan pengelolaan anggaran kegiatan fisik dan anggaran pemberdayaan serta Siltap pada APBDes anggaran tahun 2013-2018. Meski demikian, pihaknya tetap akan mengajukan penangguhan penahanan terhadap tersangka, dengan jaminan isteri dan penasihat hukum.

“Kami sedang mempersiapkan upaya penangguhan, jaminannya istri dan penasihat hukum,” tukasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *