Berita Utama Hukum Kriminal Lintas Daerah News

Awas…! Pakai Knalpot Brong Di Nganjuk Jadi Incaran Polisi

NGANJUK – ANJUKZONE – Bertindak tegas, Satlantas Polres Nganjuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas menjelang perayaan Tahun Baru 2019. Bentuk antisipasinya, Satlantas Polres Nganjuk melarang penggunaan kanpot brong bagi kendaraan bermotor.

Untuk mensosialisasikan larangan tersebut, Satlantas Polres Nganjuk menyerukan melalui media Radio Suara Anjuk Ladang (RSAL)  FM dan memasang poster larangan di sejumlah titik strategis di kota.

Bukan hanya lewat sosialisasi, Satlantas Polres Nganjuk juga melakukan razia ke sejumlah toko yang diketahui menjual peralatan dan anderdil kendaraan bermotor. Seperti toko di Jalan Dermojoyo, Nganjuk, petugas menghimbau agar tidak lagi menjual knalpot brong, sebelum kemudian menempel sticker larangan menggunakan knalpot brong.

“Karena knalpot brong dapat menimbulkan suara berisik bagi pengguna jalan lain, dan membahayakan,” terang Kanit Dikyasa Satlantas Polres Nganjuk, Ipda Herry Buntoro, mewakili Kasatlantas AKP AM Rido Ariefianto, Kamis, 27 Desember 2018.

Usai merazia sejumlah toko onderdil, petugas juga mendatangi bengkel sepeda motor, agar tidak membantu warga memasang knalpot brong pada kendaraannya.

“Agar masyarakat khususnya pengendara sepeda motor faham dan mengerti, bahwa knalpot brong dilarang keras,” ujarnya.

Puncaknya, pada malam pergantian tahun nanti, lanjut Herry, pihaknya serius mengkampanyekan, “Tahun Baru Gaul,” yakni malam tahun baru dengan gerakan anti ugal-ugalan di jalan.

Menurut Herry, bagi warga yang masih nekat menggunakan knalpot brong pada malam tahun baru, petugas akan bertindak tegas.

“Pengguna knalpot brong akan kami tindak tegas, karena melanggar pasal 285 ayat 1 UULLAJ,” pungkasnya.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *