Berita Utama Edukasi Lintas Daerah News Prestasi

PAUD Anak Bangsa Nganjuk Maju Lomba LLSS Jawa Timur

Biasakan Anak Didik Hidup Sehat hingga Libatkan Warga Sekolah

NGANJUK – ANJUKZONE – Setelah lolos sebagai juara pertama lomba lingkungan sekolah sehat (LLSS) tingkat kabupaten, lembaga PAUD Anak Bangsa Nganjuk maju lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Timur. Lembaga pendidikan bagi anak usia dini berlokasi di Jalan Lurahsurodarmo, Kelurahan Bogo, Kecamatan / Kabupaten Nganjuk ini bersaing di antara kabupaten-kabupaten lain se-Jawa Timur, Rabu, 05 Desember 2018.

Sebelum penilaian dimulai, dimeriahkan oleh grup drum band anak-anak PAUD dan senam anak bangsa.

Menurut Ketua Tim penilaian LLSS tingkat Provinsi Jawa Timur, Dra. Patriana Diah Setyowati, M.Si., kriteria penialaian lomba diantaranya pola hidup sehat,  baik peserta didik, tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.

siswa PAUD Anak Bangsa Nganjuk asyik bermain (foto-sukadi)

“Murid-muridnya sehat, guru dan tenaga kependidikan juga harus sehat,” terang pejabat Biro Kesesehatan Sosial Sekda Provinsi Jatim,

Selain itu, lanjut Patriana, kriteria penilaian termasuk kelangkapan sarana dan parasara sekolah yang memenuhi standar sebagai sekolah sehat.

“Tujuan dilakukan lomba adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini, salah satunya lewat UKS,” tegas Kasubag Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Jawa Timur.

Diharapkan, kalau anak sehat nantinya akan menghasilkan prestasi yang baik. Diantaranya kebutuhan gizi anak yang cukup sehingga tidak mempengaruhi pertumbuhan anak.

Menghadapi penilaian LLSS tingkat Provinsi Jawa Timur, Kepala PAUD Anak Bangsa, Siti Nurul Aisyah telah melibatkan seluruh warga sekolah, baik guru, yayasan, wali murid, maupun peran serta masyarakat.

Bahkan kebiasaan menciptakan lingkungan bersih dan sehat tidak hanya dilakukan ketika menghadapi lomba, melainkan sudah dilakukan setiap hari. Yakni melalui pembiasaan-pembiasan terhadap seluruh peserta didik.

Tampak di lingkungan sekolah PAUD Anak Bangsa, dilengkapi dengan sarana dan prasarana, berupa gedung yang indah, toilet yang bersih, memadahi untuk ratio jumlah siswa. Pembiasaan anak-anak mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir di wastafel yang ada di depan kelas.  Membuang kotoran dan sampah pada tempatnya. Tersedia makanan yang sehat di kantin sekolah, serta kawasan hijau yang dipenuhi dengan berbagai tanaman.

Penilaian lomba LLSS tingkat provinsi ini dilakukan serentak di sejumlah kabupaten. Hasilnya, lembaga yang meraih sukses sebagai juara satu akan maju ke tingkkat nasional,  mewakili Provinsi Jawa Timur.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *