Berita Utama News Politik

Budiono pada Generasi Milenial Diskusikan Sistem Pendidikan Berkualitas

Serap Aspirasi Anggota MPR RI tentang Arah dan Tahapan Pembangunan SDM dan Penguasaan IPTEK

MOJOKERTO – ANJUKZONE – Anggota MPR RI Drs. H.A. Budiono., M.Ed  gencar menyapa konstituennya di daerah pemilihannya. Kali ini, wakil rakyat yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Timur telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang Arah dan Tahapan Pembangunan Sumberdaya Manusia dan Penguasaan IPTEK di PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Mojokerto, Jumat, 16 November 2018.

Menurut Budiono, peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan Negara yang makmur.

“Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif, tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional,” terang Budiono di hadapan ratusan konstituennya.

Hadir pula dalam RDP yang berlangsung di aula STIKES Majapahit Mojokerto adalah Drs. Muhammad Hobir, M.MPd., Ketua PDM Kabupaten Mojokerto)

Dalam kaitan ini, lanjut Budiono, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu.

Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan sistem pendidikan menyeluruh, terutama kualitas pendidikan yang ada relevansinya dengan kebutuhan dunia kerja.

“Pemerintah memiliki peran penting dalam penyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan iptek, serta merata di seluruh pelosok tanah air,” tegasnya.

Selain itu, menurut Budiono, penguatan peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa peningkatan SDM melalui berbagai diklat, kompetensi, pembinaan dan lain-lain. Selanjutnya, pembinaan dan pengembangan generasi muda, sebagai penopang utama dalam roda pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

“Karakteristik generasi muda seperti inilah yang diharapkan mampu berkonstribusi dan memenangkan persaingan global,tutur Budiono.

Di sela-sela RDP terjadi tanya jawab antara peserta dengan narasumber seputar arah dan tahapan pembangunan SDM penguasaan IPTEK. Dari hasil rapat dengan pendapat tersebut, saran maupun kritikan yang disampaikan oleh masyarakat ini, akan disampaikan dalam laporan lembaga DPD RI ke Pemerintah di tingkat pusat nantinya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *