Berita Berita Utama Edukasi Lintas Daerah News

Gaya Kapolsek Bagor jadi Pembina Upacara Pelajar SMPN 1 Bagor

Motivasi Belajar Wawasan Kebangsaan hingga Mahir Berbahasa Inggris 

NGANJUK – ANJUKZONE – Secara periodik, lembaga sekolah di wilayah Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur mengadakan upacara bendera Senin pagi dengan melibatkan anggota kepolisian. Salah satunya adalah SMPN 1 Bagor melibatkan Kapolsek Bagor sebagai pembina upacara bendera Senin pagi, 19 November 2018.
AKP Glengsong Priyanto menyampaikan, secara bergantian polsek jajaran Kecamatan Bagor menjadi pembina upacara bendera Senin pagi di sejumlah sekolah.

Kapolsek Bagor, AKP Glengsong Priyanto menjadi pembina upacara bendera Senin pagi di SMPN 1 Bagor (foto-sukadi)

Menurut Glengsong, ini merupakan kesempatan baik untuk memberikan motivasi dan menyampaikan program-program kepolisian kepada generasi muda sejak dini. Salah satunya seperti dilakukan di SMPN 1 Bagor.
“Iya, kami lakukan bergantian, berdasarkan permintaan dari sekolah,” ujar mantan Bagren Polres Nganjuk setelah turun sebagai pembina upacara.
Saat menjadi pembina upacara, Kapolsek Bagor banyak memberikan motivasi kepada seluruh siswa. Diantaranya melontarkan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan wawasan kebangsaan hingga skill berbahasa Inggris kepada peserta upacara. Tak segan-segan, Kapolsek Bagor memberikan hadiah bagi yang dapat menjawab dengan benar.
“Siapa yang dapat melanjutkan kalimat saya, ‘bangsa yang besar adalah…’,” soal pertama dilontarkan.
Kontan, soal dijawab dengan benar oleh salah satu peserta upacara.
“Saya pak, bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa-jasa para pahlawannya,” jawab peserta upacara dari kelas 7, sambil lari menuju mimbar upacara.
Soal berikutnya adalah, Kapolsek menanyakan, siapa nama presiden Indonesia yang pertama ditujukkan kepada paserta lain.
Yang menarik, Kapolsek meminta salah satu peserta upacara untuk memberikan kata sambutan menggunakan Bahasa Inggris. Tawaran berbahasa Inggris pun dipraktikkan dengan lancar oleh Faiq, kelas 9.
“Anak sekolah itu tidak hanya menguasai pengetahuan umum, tapi juga bahasa asing, seperti Bahasa Inggris sangat penting di era sekarang ini,” tutur kapolsek.
Kesempatan yang sama, Kepala SMPN 1 Bagor, Suhardi, S.Pd., menyampaikan, kerjasama dengan pihak kepolisian sering dilakukan. Ini sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pengembangan literasi di lingkup sekolah. Hal-hal yang biasanya didapat dari kepolisian adalah sosialisasi tentang kedisiplinan dan penanggulangan bahaya narkoba.
“Kalau yang menyampaikan langsung dari kepolisian hasilnya lebih mantap,” ucap Suhardi.
Untuk itu, secara berkelanjutan, SMPN 1 Bagor menjalin kerjasama dengan masyarakat, seperti kepolisian, dinas kesehatan, dunia usaha, dan lain-lain.
Reporter : Sukadi
Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *