Berita Utama Lintas Daerah News

Kemarau Kebakaran Meluas ke Hutan Gunung Wilis

NGANJUK – ANJUKZONE – Musim kemarau tahun ini benar-benar membawa dampak kekeringan luar biasa di wilayah Kabupaten Nganjuk. Selain banyak terjadi kebakaran menimpa rumah penduduk, kawasan hutan juga menjadi sasaran kebakaran. Seperti terjadi Senion, 05 November 2018. Titik api kembali terlihat di kawasan hutan Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk.

Kebakaran ini sudah terpantau sejak Minggu malam, 4 November 2018, salah satunya dapat dilihat jelas dari Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Namun hingga kini, belum ada keterangan seberapa luas wilayah hutan Wilis yang terbakar dari aparat terkait.

Senin pagi 5 November 2018, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo bersama tim naik ke Desa Ngliman mengendarai motor trail, untuk mengecek langsung di mana titik api berasal.

Pantauan pada Senin pagi, kebakaran tampak terjadi di kawasan Hutan Sigunting, yang masih termasuk kawasan Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

“Kami tinjau ke lokasi, agar segera dilakukan penanganan, dan tidak semakin meluas,” ujar Dandim.

Penangan kebakaran hutan melibatkan anggota TNI bekerjasama dengan Polri, Polhut Perhutani, Dinas Kehutanan, Disparporabud Nganjuk, BPBD hingga Tagana Dinsos. Aparat juga mengarahkan masyarakat di sekitar Desa Ngliman untuk membantu pemadaman.

“Kami apresiasi masyarakat yang cukup responsif dan antusias membantu, dipelopori Koramil Sawahan,” pungkas Letkol Joko.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *