Berita Berita Utama Edukasi Lintas Daerah News

Hadapi Generasi Emas 2045 Guru SMP Nganjuk Terima Bimtek PPK

NGANJUK – ANJUKZONE – Ratusan guru di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi guru SMP. Direncanakan, kegiatan Bimtek berlangsung selama 4 hari, mulai Selasa, 23 Oktober hingga Jumat, 26 Oktober 2018 dengan sesi Bimtek, mulai pagi hingga siang hari.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, M. Yasin melalui Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Hadi Sukamto, S.Pd.,M.Si menyampaikan Bimtek bertujuan membekali guru pendidikan dasar dengan pengetahuan dan ketrampilan PPK sehingga bisa mengembangkannya di satuan pendidikan masing-masing dengan baik dan efektif melalui tiga basis, yaitu PPK berbasis kelas, budaya sekolah, dan partisipasi masyarakat.

“Sehingga guru pendidikan dasar dapat menjadi penggerak PPK di satuan pendidikan masing-masing,” terang Hadi Sukamto dalam acara pembukaan Bimtek PPK bagi guru SMP, di aula SMPN 1 Prambon.

Menurut Hadi Sukamto, Bimtek di selenggarakan di dua tempat, selain di SMPN 1 Prambon juga dilaksanakan di SMPN 1 Tanjunganom, diikuti tiga guru mapel, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dari masing-masing sekolah.

Peserta menerima materi berupa materi umum, penunjang, dan utama dipandu para narasumber dari dinas pendidikan, pengawas, dan instruktur tingkat kabupaten Nganjuk.

Ditegaskan Hadi Sukamto, PPK dikembangkan guna membangun generasi emas tahun 2045 yang dibekali ketrampilan abad 21 yang dibutuhkan oleh siswa, yakni kualitas karakter berupa religious, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Juga, literasi dasar berupa mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Serta, kompetensi berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

“Membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia 20145 dengan jiwa pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan,” pungkasnya.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *