Berita Utama Birokrasi News

Tingkatkan Disiplin ASN Bupati Novi Ancam Sidak Sonder Protokoler

NGANJUK – ANJUKZONE – Usai dilantik menjadi Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan wakilnya Marhaen Djumadi langsung tancap gas merealisasikan target prioritas program pembangunan segala bidang di Kabupaten Nganjuk. Selain silaturahmi mendadak (sidak) ke lembaga-lembaga pemerintah dan desa-desa, Mas Novi dan Kang Marhaen, panggilan akrab Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk tersebut juga mengumpulkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di GOR Bung Karno, Begadung, Nganjuk, Rabu pagi, 03 Oktober 2018.

Di hadapan ratusan ASN, Mas Novi menyampaikan beberapa hal menyangkut status ASN di lingkup Pemkab Nganjuk demi tujuan pembangunan Kabupaten Nganjuk lebih maju dan bermartabat. Untuk itu, kepada ASN, Mas Novi menyentil adanya degradasi tingkat kedisiplinan dalam menjalankan tugas utamanya sebagai abdi Negara dan sekaligus abdi masyarakat.

“ASN harus lebih disiplin, tidak boleh keluyuran pada jam dinas, harus meningkatkan pelayanan publik, melayani, melayani dan melayani, sewaktu-waktu akan kami adakan sidak, langsung ke lokasi tanpa pemberitahuan,” ujar Mas Novi.

Mas Novi tampaknya juga mencium sinyelemen adanya sekat-sekat di antara tubuh birokrasi di lingkup Pemkab Nganjuk selama ini. Sekat atau kelompok yang mengarah kepada kesejahteraan untuk menempati posisi jabatan tertentu. Disebutnya sebagai kelompok basah dan kering.

Lebih-lebih tahun ini, pemerintah telah membuka formasi rekrutmen CPNS, Mas Novi tampak lebih pasang kuda-kuda agar tidak terjadi praktik ‘sogokan’ dengan mencatut nama Bupati atau Wakil Bupati Nganjuk. Kedua sejoli pemimpin Nganjuk tersebut berjanji tegas kepada siapa saja, baik di lingkup birokrasi maupun di luar.

“Rekrutmen CPNS tahun ini gratis, jangan percaya dengan oknum –oknum yang mengatas namakan bupati atau wakil bupati,” ujarnya.

Dunia pendidikan pun juga tidak luput dari perhatian Bupati Novi. Guna meningkatkan mutu pendidikan, bagi guru harus profesional dan banyak melakukan inovasi pembelajaran dan lebih meningkatkan kedisiplinan. Untuk itu, pihaknya akan melakukan sidak sonder protokoler ke sekolah-sekolah.

“Bagi guru harus professional, dan tidak marah-marah di hadapan peserta didiknya,” sindirnya.

Diakhir pembinaan, Bupati Novi juga menegaskan kepada semua ASN untuk secepatnya melakukan pembinaan lanjutan kepada seluruh stafnya agar tidak terjadi permusuhan di internal lembaganya masing-masing.

“Setelah pembinaan ini, Nganjuk harus nyawiji, Nganjuk harus ada perubahan yang lebih maju, inovatif dan bermartabat,” tukasnya.

Selain itu, Bupati Novi juga berjanji akan memberikan reward bagi ASN berprestasi, dan sebaliknya memberikan punishment kepada ASN yang melanggar aturan.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *