Berita Utama Lintas Daerah News Wisata

Suryo Alam Ajak Kemenpar Edukasikan Penggiat Wisata di Nganjuk

Kepala Disparporabud Akui Krisis Infrastruktur

NGANJUK – ANJUKZONE – Komitmen memajukan kepariwisataan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, anggota DPR RI, Suryo Alam terus mengajak Kementrian Pariwisata ke Nganjuk untuk memberikan edukasi terhadap penggiat wisata. Sektor pariwisata terus digenjot, karena dari sektor ini mampu menumbuhkan banyak sisi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Seperti tak kenal lelah, setidaknya sudah hampir 5 kali, anggota DPR RI Suryo Alam dari Partai Golkar yang saat ini duduk di Komisi 10 DPR RI mendatangkan Kementrian Pariwisata ke Nganjuk. Mulai tentang bagimana memajukan sektor pariwisata yang saat ini ada, serta menstimulus pariwisata rintisan yang saat ini banyak bertebaran di wilayah Nganjuk.

Suryo Alam bersama peserta Bimtek di Hotel Nirwana Nganjuk, Selasa, 18 September 2018 (foto-sukadi)

Dalam sambutannya, Suryo Alam menyembut, sektor pariwisata di tingkat nasional memberikan kontribusi besar terhadap pemasukan negara, pariwisata berada di urutan ke empat penyumbang pemasukan devisa negara. Tidak hanya itu dampak positif lahirnya pariwisata, juga berdampak naiknnya ekonomi warga disekitar lokasi pariwisata. “Warga yang dahulunya tidak memiliki pekerjaan dengan timbulnya pariwisata tentu akan menambah pemasukan ekonomi keluarga, bahkan mampu menopang kebutuhan hidup,” terang Suryo Alam.

Gambaran umumnya, jika pariwisata itu berkembang, masyarakat bisa mendapatkan pemasukan dari berjualan makanan dan minuman, bisa menjadi pemandu turis, atau memberikan  jasa seperti penginapan, travel,parkir,dan lain-lain. Kontribusi nyata pariwisata sudah terbukti memberikan peranan penting, salah satu contoh halnya di Bali.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini juga fokus memndorong daerah barat, mulai dari Nganjuk, Kediri, Madiun, Ponorogo, Madiun, untuk menjadi daya tarik andalan Jawa Timur, ke depan.

Sementara itu Supianto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk menyebut, banyak faktor yang menyebabkan sektor pariwisata di Nganjuk tidak cukup berkembang. Mulai faktor infrastruktur, juga kurangnya pengelolaan tempat pariwisata sehingga kurang memiliki daya tarik yang memadai, dan mampu menarik turis baik domestik maupun mancanegara.

“Makanya kami berharap peran Kementrian Pariwisata untuk mendukung percepatan pariwisata di Nganjuk bisa totalitas,” ujarnya.

Acara yang diikuti 60 penggiat pariwisata ini, diharapkan mampu menambah ilmu para pegiat pariwisata , dengan harapan pariwisata Nganjuk ke depan bisa berkembang pesat.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Berita Terkait :

Suryo Alam Buka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru Nganjuk

Suryo Alam  Promosikan Event Pariwisata Nganjuk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *