Berita Utama Birokrasi Budaya Lintas Daerah News Wisata

Bupati Novi Diagendakan Buka Siraman Sedudo, Wisatawan Diprediksi Membludak

NGANJUK – ANJUKZONE – Tiga hari setelah dilantik, Bupati Nganjuk terpilih Novi Rahman Hidayat S.Sos.,MM diagendakan memberikan sambutan dan membuka  acara ritual Siraman Sedudo, Kamis, 27 September 2018 di objek wisata Air Terjun Sedudo, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bupati Novi didampingi wakilnya Marhaen Djumadi beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Nganjuk diperkirakan tiba di lokasi siraman sekitar pukul 10.00 WIB dipandu seorang cucuk lampah dan pembawa sesaji menuju lokasi siraman. Selanjutnya, sebelum acara pembukaan dan pembacaan ‘hastungkara’ (doa), di sekitar guyuran Air Terjun Sedudo telah siap para penari yang siap menampilkan tari persembahan bagi para tamu undangan.

“Diperkirakan wisata Air Terjun Sedudo bakal ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal  Nganjuk maupun luar daerah, apalagi yang membuka acara siraman Bupati Nganjuk yang baru saja dilantik (Novi Rahman Hidayat, Red),” terang Agoes Soebagijo, Sekda Nganjuk.

(anjukzone.com/doc)

Menurut Sekda Nganjuk, prosesi ritual Siraman Sedudo diawali dengan penyerahan jun (tempat air berbahan tanah liat) dari Bupati Nganjuk kepada delapan gadis berambut panjang dan delapan manggala, diawali dengan tarian ‘Amek Tirta’. Selanjutnya, prosesi pengambilan air Sedudo dimulai. Delapan gadis berambut panjang dan delapan orang manggala berjalan beriringan bersama pembawa sesaji menuju guyuran air Terjun Sedudo. Disusul, Bupati Nganjuk Novi dan Wakil Bupati Marhaen Djumadi bersama anggota FORKOMPIMDA melakukan tabur bunga ke area air terjun.

“Prosesi terakhir, penyerahan Jun yang sudah diisi air Sedudo kepada sesepuh desa setempat untuk disimpan,” katanya.

Sekda Agoes menyampaikan, acara Siraman Sedudo  merupakan warisan budaya peninggalan dari leluhur yang wajib dijaga tradisinya. Karena menurut mitosnya, bila seseorang mandi Air Terjun Sedudo dipercaya dapat menjadikan awet muda.

Selain untuk nguri-nguri warisan budaya, acara tahunan ini dimaksudkan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata.

“Kami berharap adanya acara ini dapat menggaet wisatawan untuk datang yang sekaligus sebagai ajang mempopulerkan Air Terjun Sedudo dan destinasi wisata di seluruh wilayah Nganjuk,” ujar Sekda Agoes.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *