Berita Utama Edukasi Lintas Daerah News

Ini Alasan SMPN 1 Bagor Bershalawat

Peringati HUT Sekolah ke-36 Tanamkan Pendidikan Karakter

NGANJUK – ANJUKZONE – Nuansa putih mendadak menjadi fenomena di salah lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Bagor. Baik siswa maupun seluruh warga sekolah yang lain mengenakan baju ‘gamis. Adalah SMPN 1 Bagor, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur sedang bershalawat. Shalawatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 36 ini diikuti ribuan umat islam, dipandu oleh Habib, Ulama’, Umaro’, dan Kyai Nusantara, diantaranya Habib Ali bin Hasan Baharun dari Kedidiri, Kyai M. Nasih Basthomy, KH. Abdul Mujib Hakim, dan Agus Abdul Halim Al-Faroby dari Nganjuk, serta dimeriahkan musik Hadrah dari Majelis Ta’lim Dzikir dan Shalawat dari Pondok Junuudul Musthofa – Rijalul Ansor, Mondo Mojo Kediri.

Musik Hadrah dari Majelis Ta’lim Dzikir dan Shalawat dari Pondok Junuudul Musthofa – Rijalul Ansor, Mondo Mojo Kediri (foto-sukadi)

SMPN 1 Bagor bershalawat tidak hanya melibatkan warga sekolah, namun juga masyarakat umum di lapangan upacara, Sabtu 15 September 2018.

Hadir dalam SMPN 1 Bagor bershalawat adalah pejabat dari Forum Pimpinan Komunikasi Kecamatan Bagor dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk.

Suhardi, S.Pd., Kepala SMPN 1 Bagor menyampaikan, dalam rangka memperingati HUT yang ke 36, sekolah sengaja menggelar shalawatan. Ini untuk memadukan pendidikan karakter pada peserta didik dengan pendidikan spiritual keagamaan di sekolah.

“Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual saja, melainkan juga ditentukan kecerdasan spiritual, salah satunya penghayatan dalam bidang keagamaan melalui shalawatan,” terang Suhardi.

SMPN 1 Bagor bershalawat melibatkan warga sekolah, dan masyarakat umum di lapangan upacara, Sabtu 15 September 2018. (foto-sukadi)

Diakui, SMPN 1 Bagor yang sudah lama menerapkan Kurikulum 13 telah banyak menghasilkan prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Bahkan prestasi dalam bidang non-akademik telah mencapai tingkat provinsi.

Menurut Suhardi, guna meningkatkan mutu pendidikan, SMPN 1 Bagor akan terus menggiatkan program-program sekolah, baik akademik maupun non akademik, termasuk budaya-budaya sekolah yang baik. Antara lain, budaya Jumat bersih, jabat tangan setiap siswa dengan guru, siswa dengan siswa,  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa sebelum memulai pelajaran, serta menanamkan kedisiplinan siswa, dan lain-lain.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *