Berita Utama Lintas Daerah News

KOSTI Nganjuk Gelar Upacara Peringati HUT RI Ke-73

NGANJUK –– Memperingati HUT RI ke-73, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Nganjuk mengadakan upacara bendera di lapangan Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Jumat pagi, 17 Agustus 2018. Upacara diikuti ratusan pecinta sepeda tua dari Nganjuk dan Kediri, pelajar SDN Kartoharjo, dan warga masyarakat sekitar.

Sebelum upacara dimulai, masing-masing peserta menata sepeda tuanya berjejer rapi, di kanan-kiri barisan upacara. Karuan saja, sepeda tua dengan berbagai merk tersebut menarik perhatian. Karena, selain usia sepeda yang memang sudah tua juga dilengkapi dengan berbagai asesoris.

 

Upacara bendera memperingati HUR RI ke-73, yang diadakan KOSTI Nganjuk, sebagai inspektur upacara adalah Sujarwo, pembina Kosti Nganjuk, dan sebagai pemimpin upacara adalah Puji Yohana, Ketua Kosti Nganjuk.

Menariknya, pelaksanaan upacara pagi itu, baik petugas maupun peserta mengenakan pakaian tradisional ala tempoe doeloe. Diantaranya, menyerupai pakaian jaman Kolonial Belanda, jaman Jepang, dan pakaian tradisional Jawa.

KOSTI Nganjuk persiapan upacara bendera peringati HUT RI ke-73 di Lapangan Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk (foto-sukadi)

Seperti upacara bendera pada umumnya, dilakukan pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila, dan Pembukaan Undang-undang 1945.

Menurut Sujarwo, KOSTI Nganjuk memperingati HUR RI ke-73 dengan menggelar upacara bendera. Bertujuan mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela negara pada jaman penjajahan.

“Sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa, kami mengadakan upacara bendera,” terang anggota DPRD Nganjuk dari Partai Golkar ini.

Usai upacara dilakukan konvoi sepeda tua menuju makam umum Kelurahan Bogo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk. Di makam umum ini, KOSTI Nganjuk menabur bunga ke salah satu makam mantan Ketua KOSTI Nganjuk, almarhum Suratman DH, serta pertunjukan seni jaranan.

“Kami juga ziarah ke makam mantan Ketua KOSTI Nganjuk, karena almahum telah berjasa terhadap perkembangan KOSTI Nganjuk semasa hidupnya. Sudah sewajarnya kalau kita juga mengenang jasa-jasanya yang telah diberikan kepada KOSTI Nganjuk,” tukas Sujarwo.

 

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *