Birokrasi Bisnis Ekonomi Lintas Daerah News

Relokasi Pasar Wage Pedagang Enggan Pindah

NGANJUK –– Dalam waktu dekat, Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk akan merelokasi ratusan pedagang Pasar Wage Nganjuk ke pasar baru. Tampaknya, rencana relokasi tidak berjalan mulus. Banyak pedagang yang mengeluh, pasar baru bernama Pasar Wage 2, berlokasi di belakang Pasar Wage, tidak dilengkapi dengan sarana dan prasarana. Selain itu, lokasinya tidak strategis dibanding pasar lama yang berada di tepi jalan.

Cristian, salah satu pedagang pasar lama mengeluhkan akses jalan menuju pasar baru tidak layak. Sehingga, mengganggu, baik bagi calon pembeli maupun para pedagang yang akan masuk pasar baru. Lebih-lebih, bagi kendaraan yang biasanya menurunkan barang dagangannya, jauh dari lokasi pasar.

“Lokasinya terlalu ke dalam, sehingga kurang strategis untuk berjualan. Kalau di pasar lama, karena lokasinya berada di tepi jalan, baik pedagang maupun pembeli sama-sama enak, tidak terlalu jauh,” keluh pedagang yang setiap hari berjualan barang pecah belah, Selasa, 14 Agustus 2018.

Kendati demikian, pedagang berjumlah 850 orang yang akan direlokasi tidak dapat berbuat banyak. Lantaran, mereka sudah terikat dengan aturan pihak pasar, bahwa seluruh penghuni pasar lama harus direlokasi ke Pasar Wage 2.

“Mau gimana lagi, tidak bisa menolak, karena sudah ada aturannya,” tegasnya.

Keluhan serupa disampaikan, Wita, pemilik apotek yang menempati bedak depan Pasar Wage. Di dalam Pasar Wage yang baru, di setiap bedak tidak dilengkapi adanya MCK. Padahal, seluruh bedak yang mereka tempati sebelumnya, masing-masing memiliki MCK.

“Apalagi untuk bedak apotek, harus ada MCK, sedangkan di pasar yang baru, tidak ada,” katanya.

Mulyadi, koordinator Pasar Wage 2 Nganjuk menyampaikan, seluruh pedagang di Pasar Wage telah terkondisikan dan sudah siap untuk direlokasi ke Pasar Wage 2. Bahkan, beberapa stand sudah dipesan lewat permohonan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk.

“Seluruhnya nanti harus pindah, mereka akan menempati stand yang telah dipesan lewat dinas (Indag,red),” paparnya.

Mulyadi juga membenarkan adanya keluhan dari beberapa pedagang Pasar Wage lama, karena di lokasi yang baru dimungkinkan akan menjadi lebih sempit dibandingkan dengan lokasi yang saat ini dibuat berdagang.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *