Berita Utama Lintas Daerah Nasional News

PMI Nganjuk Galang Dana Peduli Korban Lombok Utara

Pertama Salurkan 50 Kantong Darah dan Uang Tunai Rp 1,5 Juta

NGANJUK –– Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk berinisiatif mendirikan Posko penggalangan bantuan korban bencana alam gempa bumi di Lombok Utara, bermaskas di Kantor PMI Kabupaten Nganjuk, Jalan Mayjend Sungkono, 10, Nganjuk. Dana yang dikumpulkan, bersumber dari seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Nganjuk, mulai SD/MI, SMP/ MTs, dan SMA/SMK/MA. Selain bantuan berupa uang, PMI Kabupaten Nganjuk juga menerima bantuan dalam bentuk barang yang benar-benar dibutuhkan bagi para korban.

Wakil Ketua II, DR. Bambang Eko Suharto menyampaikan, penggalangan dana peduli bencana Lombok Utara tersebut mendasarkan kepada Surat Pengurus Provinsi PMI Jawa Timur, 953/02.06.00/PB/VIII/2018 tertanggal 8 Agustus 2018 tentang Partisipasi TDB Gempa Bumi Lombok Utara.

“Kami bergerak untuk menggalang dana dari lembaga pendidikan yang ada di Nganjuk setelah turun surat edaran dari pengurus Provinsi PMI Jawa Timur,” terang Bambang Eko Suharto, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Kendati demikian, pihak PMI Kabupaten Nganjuk sebelumnya telah menggalang dana dari internal PMI Nganjuk dan terkumpul 50 kantong darah dan uang tunai senilai Rp 1,5 juta. Bantuan berupa darah, terdiri dari 30 kantong golongan darah ‘O’, 10 kantong golongan darah ‘A’, dan 10 kantong golongan darah ‘B’ didistribusikan langsung melalui Pengurus Provinsi PMI Jawa Timur, beserta uang.

“Bantuan darah sangat kurang dan banyak dibutuhkan bagi korban. Apalagi bantuan darah tidak dapat ditahan terlalu lama, maka langsung kami kirim ke provinsi, di sana terkumpul bersama-sama bantuan darah dari daerah lain, baru dikirim ke lokasi bencana,” tegas mantan Kepala BAPPEDA Nganjuk.

Bantuan darah dari PMI Kabupaten Nganjuk disampaikan langsung oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Nganjuk, dr. Didik Jama’adi diterima koordinator pengumpul sumbangan darah UDD Sidoarjo, Muhammad Asyik Yusach.

Sedangkan untuk bantuan yang bakal digalang lewat dunia pendidikan, pihak PMI Nganjuk menyalurkan sesuai prosedur. Dana yang terkumpul, dikirim lewat pemgurus Provinsi PMI Jawa Timur, untuk selanjutnya disetor ke tingkat pusat.

“Baru setelah terkumpul di pusat, dana disalurkan ke lokasi bencana di Lombok dan sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Bambang, loket posko dibuka setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Informasi terkait penyaluran bantuan dapat menghubungi Diah Arum Silvana, salah satu staf PMI Kabupaten Nganjuk dengan nomor HP: 082 352 529 990.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami menghimbau  kepada seluruh warga Nganjuk untuk ikut berpartisipasi  dalam bentuk bantuan  berupa uang dan  dapat disalurkan langsung ke Markas PMI Kabupaten Nganjuk,” tukasnya.

Selain melalui lembaga pendidikan, PMI Kabupaten Nganjuk juga melayani bantuan dari luar dunia pendidikan.

Reporter: Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *