Berita Utama Nasional News

IPNU-IPPNU Berbek Shalawatan Galang Dana Bencana Lombok dan Bali

NGANJUK –– Gempa berkekuatan 7 scala richter yang menggoncang Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, Minggu, 05 Agustus 2018 lalu, sempat menewaskan 259 orang, ratusan korban luka-luka, serta memporak-porandakan bangunan infrastruktur dan tempat ibadah. Tragedi nasional ini sontak menarik simpati dan empati salah satu oragnisasi masyarakat (ormas) IPNU-IPPNU Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Massa ormas kaum nahdliyin tersebut melakukan penggalangan dana dengan menggelar shalawat bersama di perempatan traffic light, Kecamatan Berbek, Jumat pagi, 10 Agustus 2018.

Menurut Ahmad Fauzi, koordinator lapangan penggalangan dana bencana Lombok dan Bali menyampaikan, aksi shalawatan dengan iringan rabana Al-Banjari itu bertujuan untuk meringankan beban para korban bencana alam gempa bumi yang telah melanda NTB dan Bali.

Bersamaan aksi shalawatan, beberapa orang bergerak mendekati setiap pengemudi kendaraan yang kebetulan berhenti saat lampu merah.

“Diharapakan dengan melantunkan shalawat diiringi dengan rebana albanjari ini, dapat menyejukkan hati setiap pengemudi yang lewat dan mereka secara sukarela menyumbang dengan seikhlasnya, hasilnya untuk disumbangkan kepada para korban bencana alam di Lombok dan Bali,” terangnya.

Penggalangan dana bencana ini, lanjut Ahmad Fauzi, sebagai bentuk kerjasama antara pengurus anak cabang bersama semua Ranting IPPNU-IPPNU di wilayah Berbek. Sedangkan, aksi shalawatan dengan iringan rabana Al-Banjari, karena ormas yang digerakkan adalah dari warga Nahddatul Ulama (NU).

“Rencananya, aksi shalawatan kami laksanakan setiap hari. Apabila dirasa sudah terkumpul banyak, dana akan kami salurkan lewat MCW-NU Berbek, dilanjutkan ke PWNU Jawa Timur. Setelah terkumpul di Jawa Timur, baru dikirim ke NTB dan Bali,” ujarnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *