Berita Utama Hukum Kriminal Lintas Daerah News

Nyaru Anggota KPK, Peras Anggota DPRD Kota Madiun

MADIUN –– Lantaran memeras salah satu anggota dewan, pria warga Jalan Ciliwung, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, diamankan Satreskrim Polres Madiun Kota. Dia adalah Yani Kusnadi alias Dewa, ditangkap pihak kepolisian setelah adanya laporan dari salah satu anggota dewan Kota Madiun yang menjadi korban pemerasan. Kepada korban, pria berusia 57 tahun tersebut,  mengaku sebagai Direktur Investigator Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK).

Menurut Kompol Mujito, Wakapolres Madiun Kota, modus tersangka adalah dengan menghubungi, dan menakut-nakuti korban, terkait masalah aliran dana korupsi Bambang Irianto mantan Walikota Madiun yang mengalir kepada sejumlah anggota DPRD, dan di dalamnya terdapat nama korban yang nota bene juga seorang anggota DPRD Kota Madiun.

“Modusnya, dengan menawarkan diri, bisa menghapus nama korban, dari daftar pemeriksaan KPK, tersangka meminta imbalan untuk dibelikan handphone sebanyak 4 buah, yang jika di nominalkan setara dengan Rp 20 juta,” terangnya

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa jaket, uang sebesar Rp 3 juta, ID Card milik tersangka, akta pendirian LSM, serta beberapa Pin.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 kuhp tentang penipuan dan pemerasan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *