Berita Utama Entertainment Nasional News Politik Wisata

Suryo Alam Buka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru Nganjuk

Nganjuk Strategis Kembangkan Ekonomi Sektor Wisata

NGANJUK –– Anggota DPR-RI H. Muhammad Suryo Alam, Ak., MBA kembali menyapa konstituennya di Kabupaten Nganjuk. Kali ini, anggota DPR-RI Dapil VIII Jawa Timur bertemu dengan ratusan guru jenjang SMA/SMK se-Kabupaten Nganjuk, dalam acara “Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi Guru,” di Hotel Nirwana, Nganjuk, Selasa, 07 Agustus 2018. Mereka bersama-sama membahas metode terbaik untuk meningkatkan perekonomian warga Nganjuk, lewat sektor pariwisata.

Suryo Alam, sekali lagi menggandeng Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI,sebagai mitra kerjanya di Komisi X DPR-RI.

Di depan para peserta pelatihan, Suryo Alam menegaskan lagi tingginya potensi pengembangan ekonomi melalui sektor wisata di Nganjuk. Ini mengingat lokasi Kabupaten Nganjuk yang strategis di tengah jalur antar provinsi.

Ditambah lagi, Kabupaten Nganjuk segera menikmati dukungan infrastruktur transportasi yang penting, mulai dari tol Solo-Nganjuk-Surabaya, bandara di perbatasan Kediri-Nganjuk, hingga rencana pembangunan tol Nganjuk-Kediri-Tulungagung.

Anggota DPR-RI H. Muhammad Suryo Alam, Ak., MBA foto bersama perserta Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Guru Nganjuk di Hotel Nirwana, Nganjuk (foto-sukadi)

“Jadi sangat strategis. Potensi pariwisatanya perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Dengan begitu akan tersedia lapangan pekerjaan di sektor pariwisata ini,” terang Suryo Alam, membuka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Guru.

Terkait peluang lapangan pekerjaan ini, Suryo menyebut secara khusus, bahwa pariwisata bisa menjadi sektor yang paling potensial untuk menyerap generasi baru.

“Anak-anak sekarang mungkin kurang berminat dengan pertanian. Jadi, lebih potensial di sektor pariwisata,”ujar wakil rakyat yang kembali mencalonkan anggota legislatif DPR RI tahun 2019 dari daerah pemilihan (dapil) VIII, wilayah Kabupaten-Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Kabupaten-Kota Madiun Suryo.

Dalam pelaksanaan pelatihan, bersama Kemenpar RI, Suryo berharap akan muncul ide-ide baru pengembangan pariwisata di Nganjuk. Baik untuk pengembangan objek wisata alam di yang jumlahnya sangat banyak hingga wisata buatan yang juga banyak dirintis, serta wisata sejarah.

Jika puluhan tempat wisata di Nganjuk bisa berkembang optimal, wisatawan lokal, regional hingga wisatawan asing akan ramai-ramai mendatangi Nganjuk. “Kalau Nganjuk jadi destinasi wisata, perekonomian masyarakat akan berkembang baik,” terangnya.

Untuk diketahui, pelatihan kali ini juga dihadiri Dra. Riwud Muji Rahayu, M.Pd., Sekretaris Deputy bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Drs. Supiyanto, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Nganjuk, dan Adi Prayitno, S.Pd., MM., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *