Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News

Segera Nganjuk Miliki Pusat Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Manfaatkan Gedung Lama RSUD Kertosono Dikelola Langsung BNN Kabupaten Nganjuk

NGANJUK –– Tak lama lagi, Kabupaten Nganjuk bakal memiliki gedug sendiri sebagai pusat rehabilitasi pengguna narkoba (PRPN). Gedung tersebut bakan dikelola langsung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk.

Rencananya, gedung PRPN bakan menempati gedung lama RSUD Kertosono di Jalan Supriyadi, Kertosono. Ini diawali dengan kunjungan Kepala BNN pusat Komjen Pol Drs.Heru Winarko SH di kompleks bangunan bekas rumah sakit umum, Selasa siang 31 Juli 2018.

Fauzi Irwana SE, anggota DPRD Nganjuk menyampaikan, kunjungan tersebut antara lain untuk memastikan kelayakan dan daya tampung gedung.

“Kami mendukung penuh. Ini akan sangat membantu upaya memerangi narkoba. Terutama untuk menyelamatkan generasi muda,” ujar politisi yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi III DPRD Nganjuk yang turut mendampingi Kepala BNN meninjau gedung RSUD Kertosono lama.

Kepala BNN ke Kertosono juga didampingi oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Nganjuk, antara lain Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman NantaWiranta, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono, serta Sekda Kabupaten Nganjuk Agoes Soebagijo mewakili bupati.(foto-Sukadi)

Menurut Fauzi, keberadaan pusat rehabilitasi yang layak dan memadai menjadi penting, karena para pengguna dan pecandu narkoba akan direhabilitasi dengan lebih baik.

“Sehingga mereka tidak terjerumus kembali di lubang hitam,” ujar anggota DPRD yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nganjuk tersebut.

Fauzi sendiri aktif mendukung proses persiapan pendirian pusat rehabilitasi tersebut sejak awal. Apalagi, sejak lama dia intens berkomunikasi dengan pejabat BNN di daerah, mulai dari Kepala BNNP Jawa Timur Brigjen Pol Bambang Budi Santoso hingga Kepala BNN Kabupaten Nganjuk AKBP Agus Irianto.

Untuk diketahui, kunjungan Kepala BNN ke Kertosono juga didampingi oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Nganjuk, antara lain Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman NantaWiranta, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono, serta Sekda Kabupaten Nganjuk Agoes Soebagijo mewakili bupati.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Kepala BNN juga memastikan dukungan dari pemerintah Kabupaten Nganjuk, antara lain untuk mendukung SDM yang memenuhi persyaratan. Merekalah yang nanti akan melaksanakan program rehabilitasi kepada para pecandu, yang masuk ke balai rehabilitasi Kertosono dari berbagai daerah di Jawa timur.

Menurut rencana, proses pembangunan lembaga rehabilitasi narkoba di Kertosono ini akan dimulai akhir tahun ini, dan diproyeksikan bisa beroperasi awal 2019 mendatang.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *