Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News

Rumah Kakek Renta Ngluyu Direhab Setelah Viral

NGANJUK –– Setelah menjadi viral di sejumlah media sosial, nasib Mbah Jomo, (78), warga Dusun Puncu, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk ini baru mendapat perhatian. Kakek renta, hidup sebatang kara  ini, mendadak menjadi terkenal. Lantaran, rumah reyot dan kondisi kesehatannya yang sering sakit-sakitan, sempat diunggah ke sejumlah media massa, televisi, cetak dan siber, mendadak menjadi perbincangan hingga didengar anggota DPRD Nganjuk, TNI, Polri, serta warga setempat. Mereka berbondong-bondong, bahu-membahu merehab rumah Mbah Jomo yang nyaris ambruk.

Puluhan warga, dibantu anggota Koramil dan Polsek Ngluyu tampak menurunkan genting, serta membongkar seluruh bangunan rumah Mbah Jomo.

Kepala Dusun Puncu, Parsito menyampaikan, rencananya, rumah Mbah Jomo direhab seluruhnya. Karena kondisi rumah sudah tidak layak huni, sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan Mbah Jomo. Selain itu, kondisi kesehatan Mbah Jomo juga sering sakit. Sehingga, kakek yang tinggal sendiri dalam rumah reyot itu hanya tiduran di atas dipan.

“Kondisi rumahnya sudah rusak parah, seluruh bangunannya sudah rapuh. Kalau tidak segera  diperbaiki, kuatir kalau sewaktu-waktu ambruk. Apalagi kondisi kesehatan Mbah Jomo sering sakit, jadi butuh perhatian serius,” ujar Parsito ditemui di lokasi rehab rumah Mbah Jomo, Selasa, 31 Juli 2018.

Kesempatan yang sama, Sujarwo, anggota DPRD Nganjuk saat datang ke lokasi  menyampaikan, dirinya telah mengupayakan pengobatan Mbah Jomo. Hanya, sakit Mbah Jomo yang selama ini diderita belum mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan Nganjuk.

“Koordinasi yang kami  lakukan dengan Dinas Kesehatan belum mendapatkan respon, sementara Dinas Sosial juga belum memberikan perhatian,” terang politisi Partai Golkar ini.

Kendati demikian, Sujarwo terus berupaya agar Mbah Jomo secepatnya mendapat pengobatan serta rumah yang ditempati tidak lagi membahayakan keselamatan jiwanya.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *