Berita Utama Lintas Daerah News

Akibat Sisa Api Sampah Rumah Petani Rejoso Ludes Terbakar

NGANJUK – – Kebakaran hebat terjadi di wilayah Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Sebuah rumah ludes terbakar, diduga akibat api sisa pembakaran sampah dekat gudang kayu bakar dekat rumah korban. Akibatnya, api menjalar dengan cepat hingga menghabiskan seluruh isi rumah milik korban, Suparman, (55), petani warga Desa Jintel, Kecamatan Rejoso, Jumat siang, 26 Juli 2018.

Suparman, korban rumah terbakar menyampaikan, di dekat rumah miliknya memang ada tumpukan kayu bakar. Hanya, menurutnya, tidak menyangka bahwa bekas pembakaran sampah di samping rumahnya masih menyala. Sehingga dia tidak menaruh curiga, bila sisa pembakaran sampah masih dapat mengeluarkan api dan membakar seluruh isi rumahnya yang berada di dekat persawahan itu..

“Saya kira, api sudah tidak bisa menyala dan membakar kayu kering di dekatnya,” terang Suparman.

Menurut Lasiman, tetangga korban yang pertama mengetahui telah terjadi kebakaran menyampaikan, kondisi api sudah menjalar kemana-mana ketika melihat rumah Suparman terbakar. Kontan, dia minta teriak-teriak minta tolong dan meneriaki Suparman si pemilik rumah. Tanpa berpikir panjang, Lasiman bersama tetangga lainnya berbondong-bondong langsung berusaha memadamkan kobaran api yang terus membabi buta dengan peralatan seadanya. Untuk memadamkan, warga secara berantai mengambil air dari tengah sawah, di belakang rumah korban. Agar api tidak menjalar ke rumah sebelahnya, warga juga menghalang-halangi dengan puluhan batang dan dauh pisang.

“Saya tahu api sudah membesar dan menjalar kemana-mana,” ungkap Lasiman, tetangga korban.

Kobaran api diperparah adanya udara panas dan hembusan angin begitu kuat. Sehingga api sulit dipadamkan menggunakan peralatan sederhana. Bahkan, api sempat menyambar kabel listrik dan meledakkan tabung gas LPG yang ada di dapur.

“Setelah terdengar ledakan (LPG,red), api justru semakin besar dan sudah tidak dapat dipadamkan,” tegas Lasiman.

Beruntung, mobil pemadam kebaran (Damkar) cepat tiba di lokasi. Selang sekitar 2 jam, api baru dapat  dijinakkan, sehingga tidak sampai menjalar ke rumah-rumah tetangga.

Kendati hampir seisi rumah ludes terbakar, namun tidak sempat terjadi korban jiwa. Ditaksir, akibat kebakaran, korban mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *