Berita Utama Lintas Daerah News

Bangun Irigasi Warga Putren Temukan Kerangka Manusia

Diduga Kerangka Sembilan Anggota G30S PKI Terkubur

NGANJUK –– Warga Desa Putren, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur sempat digegerkan adanya penemuan beberapa kerangka mayat manusia di tengah sawah, Rabu, 25 Juli 2018. Hanya belum dapat dipastikan, berapa jumlah kerangka mayat manusia yang terkubur dalam tanah sekitar 2,5 meter dari permukaan tersebut. Termasuk, kejadian yang berhubungan adanya temuan kerangka mayat manusia, polisi masih terus menggali informasi. Hanya, tulang-belulang manusia tersebut ditemukan bersamaan dengan pembangunan irigasi desa setempat. Selanjutnya, kerangka-kerangka tersebut dibawa petugas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta menyampaikan, untuk sementara polisi masih mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket) untuk mendalami adanya temuan kerangka mayat manusia di lokasi persawahan tersebut. Karena kerangka mayat manusia yang ditemukan warga saat menggali saluran irigasi diperkirakan terjadi sudah puluhan tahun dan jumlahnya lebih dari satu. Bahkan, di antara kerangka ditemukan tiga tengkorak manusia.

“Karena jumlahnya lebih dari satu, petugas masih mengumpulkan bahan dan keterangan untuk pendalami adanya temuan kerangka mayat manusia,” terang Kapolres Nganjuk saat turun di lokasi penemuan kerangka mayat.

Kapolres juga minta keterangan kepada sejumlah warga dan aparat  desa setempat, terkait kejadian yang terjadi di masa lalu, saat mendatangi lokasi penemuan.

Nidi Basuki, Kepala Desa Putren, Kecamatan Sukomoro menyampaikan, tepat di lokasi temuan kerangka mayat manusia, sudah lama beredar kabar sebagai tempat pembantaian anggota G30S PKI.

“Menurut cerita orang-orang terdahulu, memang tempat ini sebagai lokasi pembantaian,” terang Kades Putren.

Menurut Nidi, dikabarkan ada 9 orang yang dibantai dan dibuang di lokasi yang kini sedang dibangun irigasi.

Dengan demikian, pihak desa bersama aparat, berencana akan melakukan penggalian kembali di sekitar lokasi, guna menemukan tulang belulang yang masih tersisa.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *