Berita Utama Lintas Daerah News

Arteleri SWA Gerak Caesar Hancurkan Musuh Jarak 3 Km, Begini Simulasinya!

NGAWI –– Batalyon Artileri Medan 12 Ngawi menggelar latihan tempur tingkat seksi untuk meningkatkan keterampilan para prajuritnya. Dua unit kendaraan artileri SWA gerak caesar dikerahkan, melakukan simulasi tembakan tanpa amunisi. Simulasi untuk mendukung pasukan infanteri di garis depan yang terdesak serangan musuh.

Beginilah aksi dua unit kendaraan artileri SWA gerak caesar, saat melakukan simulasi penembakan tanpa amunisi di kawasan bekas pasar legi Desa Karangasri, Kota Ngawi. Penembakan dua unit artileri tersebut, dikendalikan  dari mobil komando yang terintegrasi sistem manajemen tempur. Bagi prajurit yang melakukan kesalahan dan kurang disiplin, langsung diberikan hukuman.

Letkol Arm Wahyu Jatmiko, Komandan Yonarmed 12 Kostrad menyampaikan, latihan tingkat seksi ini, rencananya akan digelar sebanyak 9 kali, dengan mengerahkan belasan unit kendaraan aritileri SWA gerak caesar. Setiap kali latihan , dua unit kendaraan artileri SWA gerak caesar, akan berpindah enam lokasi, dengan pergerakan maju mendukung satuan infanteri garis depan. Satu amunisi meriam canggih ini, bisa menghancurkan lokasi dengan radius 3000 meter.

“Dengan amunisi presisi, koordinat musuh bisa dihancurkan secara akurat, sehingga bisa menghindari korban warga sipil,” terang Letkol Arm Wahyu Jatmiko di lokasi simulasi, Sabtu, 21 Juli 2018.

Artileri canggih buatan Perancis ini, menurut Komandan Yonarmed 12 Kostrad, disimulasikan untuk memberikan tembakan dukungan satuan infanteri, yang terdesak oleh serangan musuh di garis depan. Hanya dengan sejumlah tembakan, pasukan musuh yang berjarak sekitar 20-30 kilometer atau berada di Kabupaten Madiun, berhasil dihancurkan dengan akurat.

Selesai melakukan latihan seksi, Yonarmed 12 Ngawi juga akan menggelar latihan dengan menggunakan amunisi tajam, di wilayah Lumajang.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *