Berita Utama Hukum Lintas Daerah News

Petani Loceret Gelar Aksi Damai di PN Nganjuk

Takut Jalan Sawah Ditutup Warga Penggugat

NGANJUK- Ratusan petani Desa Loceret, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur melakukan aksi damai dengan menggelar istighotsah di halaman Pengadilan Negeri (PN) Nganjuk, Rabu pagi, 18 Juli 2018. Warga petani tersebut mendesak PN Nganjuk agar menolak permohonan penggugat tentang klaim tanah jalan persawahan menjadi miliknya.
Prapto Suharjo, SH., kuasa hukum penggugat, Muhadjir warga Desa Patihan, Kecamatan Loceret menandaskan bahwa jalan persawahan dan saluran air yang dipermasalahkan di PN Nganjuk, dulunya tidak ada. Semula, lahan sawah milik kliennya, sebelah utara berbatasan dengan tanah kongsi, bukan jalan persawahan dan saluran air seperti sekarang ini. Tanah sawah jual beli tersebut lantas dilakukan pensertifikatan semasa mantan kepala desa, namun ukuran yang tertera pada sertifikat tanah dengan kondisi lahan yang dibeli tidak sama. Luas lahan berkurang sekitar 22 ru. Merasa dirugikan, Muhadjir akhirnya menggugat mantan kepala desa setempat, kepala desa terpilih beserta mantan carik.
“Klien kami merasa dirugikan, makanya digugat supaya dikembalikan seperti kondisi samula,” Terang kuasa hukum Muhadjir, sambil menunjukkan bukti jual beli tertanggal tahun 1950-an.
Sebaliknya, merasa terancam jalan persawahan bakal dikuasai penggugat dan takut ditutup, warga petani desa setempat melakukan aksi damai bersamaan agenda persidangan digelar di Kantor PN Nganjuk. Warga petani balik mengklaim bahwa jalan persawahan itu memang sudah ada sejak lama, dibangun secara swadaya warga setempat. Bahkan sebagian tanah jalan persawahan lebar sekitar 2,5 meter dengan panjang 900 meter adalah tanah milik petani yang diberikan cuma-cuma.
“Jalan persawahan yang digugat itu dari dulu sudah ada, cuma dulunya saluran air berada di sebelah selatan,” terang Suwito, mantan Kades Loceret.
Bahkan, lanjut Suwito, luas lahan milik penggugat sudah sesuai yang tertulis di sertifikat.
Sekadar informasi, gugatan batas lahan sawah Muhadjir terhadap jalan persawahan milik warga petani Desa Loceret digelar di persudangan PN Nganjuk dengan agenda minta keterangan saksi fakta dan seorang pegawai Badan Pertanahan Negara(BPN) Nganjuk.
Reporter: Sukadi
Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *