Berita Utama Lintas Daerah News Politik

Partai Demokrat Terima Lompatan Anggota Partai Sebelah

Optimistis Target Delapan Kursi Tercapai

NGANJUK –– Mendekati menit-menit terakhir jadwal pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Nganjuk, Selasa malam, 17 Juli 2018, anggota komisioner KPUD Nganjuk terlihat sibuk. Tidak seperti hari-hari sebelumnya, ruang pendaftaran KPUD Nganjuk memang kosong, tak satu pun partai yang mendaftar. Baru setelah masuk sehari menjelang jadwal pendaftaran ditutup, Partai Golkar yang pertama mendaftar. Menyusuk esok harinya, Selasa pagi, 17 Juli 2018, Partai NasDem, PKS, Hanura, serta partai-partai lain secara bergantian mendatangi kantor KPUD yang berlokasi di Kelurahan begadung, Nganjuk.

Seperti Partai Demokrat yang mendaftarkan bacaleg DPRD Nganjuk sekitar pukul 22.00 WIB. Rombongan tiba di Kantor KPU Nganjuk Ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk Fauzi Irwana dan Sekretaris DPC Partai Demokrat Nganjuk Endah Sri Murtini.

Kedatangan rombongan disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Agus Rahman Hakim beserta komisioner KPU Nganjuk lainnya. Mereka kemudian menyerahkan berkas caleg yang akan diusung.
Total ada 50 orang caleg DPRD Kabupaten Nganjuk yang didaftarkan untuk 5 daerah pemilihan.

Demokrat juga menargetkan bisa meraih kemenangan pada Pemilu Legislatif 2019 dengan 8 kursi.  Angka target ini naik 100 persen dari perolehan kursi DPRD Nganjuk Partai Demokrat pada Pemilu 2014 lalu, yaitu sebanyak 4 kursi.

“Kami beserta segenap jajaran pengurus, kader sampai elemen tingkat desa dalam kondisi siap berlaga. Insya Allah kami bisa memenuhi target tersebut,” ujar Ketua DPC Demokrat Nganjuk Fauzi Irwana.

Optimisme tersebut dinilai Fauzi cukup realisitis. Tolak ukurnya antara lain, beragamnya latar belakang nama-nama caleg Partai Demokrat yang memiliki keunggulan, integritas, dan pengaruh luas di lingkungan dapil masing-masing.

Dari berbagai kalangan. Dari yang masih muda belia, sampai tokoh senior. Dari yang berlatar belakang kepala desa, kalangan profesional, tokoh masyarakat, sampai sederet nama-nama incumbet (pernah menjadi Anggota DPRD Nganjuk, red) ikut bergabung bersama kami,” imbuh Fauzi.

Terkait keikutsertaan incumbent, Fauzi dan seluruh elemen DPC Demokrat Nganjuk boleh berbangga.  Dalam catatan Fauzi, setidaknya ada empat nama legislator senior yang kini bergabung dan mendaftar caleg Demokrat. Mereka awalnya berasal dari parpol lain.

“Salah satu contohnya, ada Mas Gundi Sintara. Pernah jadi Anggota DPRD Nganjuk dari PAN, sekarang mantap bergabung ke Partai Demokrat,” ujar Fauzi yang juga kembali maju caleg di Dapil Nganjuk 2.

Selain itu, Fauzi juga menekankan komitmen partainya, dalam mengakomodasi keterwakilan perempuan. Saat ini Partai Demokrat Nganjuk sudah mengikutsertakan lebih dari 30 persen kuota perempuan di setiap dapil, sebagai syarat yang ditentukan KPU.

“Bahkan sampai 40 persen di satu dapil. Kami sudah buktikan ada caleg dan kader perempuan Demokrat bisa sukses, bahkan dua kali incumbent,” tukas Fauzi.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *