Berita Utama Edukasi Nasional News

Ingin TPP Tetap Cair Guru PNS Harus Siap Dirotasi

JAKARTA – – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan pemerintah daerah untuk meredistribusi atau merotasi guru-guru antarsekolah di suatu wilayah atau zonasi.
Seperti dilansir CNN Indonesia.com, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad akan menegaskan perintah itu dalam rapat koordinasi dengan seluruh dinas pendidikan se-Indonesia tingkat provinsi/kabupaten/kota pada akhir Juli ini.

“Guru-guru yang terbaik harus disebarkan ke semua sekolah dalam satu zonasi atau di luar zonasi agar sekolah-sekolah yang baru tumbuh ini nanti dalam waktu 1-2 tahun menjadi lebih bagus,” kata Hamid di Jakarta, Rabu (18/7).
Mengacu pada UU tersebut, seorang guru, khususnya yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) tidak bisa berada di satu tempat lebih dari lima tahun. Sehingga, sambung Hamid, tidak ada alasan bagi pemda untuk tidak meredistribusi guru.

Ketidakpatuhan pemda dalam meredistribusi guru, kata Hamid, akan berimplikasi terhadap penundaan pembayaran tunjangan profesi guru.

“Dampaknya terhadap pembayaran tunjangan profesi. Di-pending. Makanya, harus diredistrribusi,” tegas Hamid.

Kewajiban rotasi guru tersebut, kata Hamid, juga untuk menyukseskan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Harapannya bisa meratakan kualitas pendidikan dan menghilangkan stigma sekolah favorit dan nonfavorit.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *