Berita Utama Budaya Entertainment Lintas Daerah News Wisata

Pawai Legenda Panji Meriahkan Pekan Budaya Kediri

NGANJUK –– Memeriahkan pekan budaya dan pariwisata  2018, Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur menggelar pawai mobil hias, teatrikal, serta tarian. Pekan pawai budaya diikuti ribuan pelajar, sanggar seni, dan instansi, baik dari dalam Kabupaten Kediri maupun luar daerah, seperti Tangerang Jawa Barat, Semarang Jawa Tengah, Bali, dan lain-lain.

Tampak sejak pagi, ribuan penonton memenuhi sepanjang jalan, mulai depan Kantor Pemkab Kediri menuju Simpang Lima Gumul. Mereka menyaksikan pertunjukan pawai budaya bertema legenda cerita Panji tersebut. Diantaranya, cerita Panji Asmoro Bangun, Ande-ande Lumut, Dewi Anggraini, dan sebagainya.

Adi Suwignyo, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri menyampaikan, perayaan pekan budaya tahun ini, sedikitnya ada 50 peserta turut memeriahkan acara. Mereka berasal, baik dari dalam Kabupaten Kediri sendiri maupun luar daerah.

“Dari instansi pemerintah, swasta, dan juga sekolah turut memerihkan pekan budaya tahunan ini,” terang Adi Suwignyo, Senin, 09 Juli 2018.

Tujuan pemerintah Kabupaten Kediri menyelenggarakan event ini guna menarik minat wisatawan, baik domistik maupun manca untuk berkunjung ke Kabupaten Kediri, sehingga membantu pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di Kabupaten Kediri.

Menurut Adi Suwignyo, pawai pekan budaya tahun 2018 ini diselenggarakan selama  sepekan, mulai tanggal 8 hingga 14 Juli. Digelar gratis untuk umum dan diakhiri dengan pertunjukkan tari kolosal barong sewu.

Reporter : Sukadi

Editor: Sukadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *