Berita Utama Lintas Daerah News Politik

Gara-gara Ini Pemungutan Suara di Kediri Diulang

KEDIRI –– Ditemukan sepasang suami-istri ber-KTP luar kota, pelaksanaan pemungutan suara di TPS 04, Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinharjo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur terpaksa diulang, Minggu, 01 Juli 2018. Karena, kedua pemilih tersebut melakukan pemungutan suara di TPS desa setempat tanpa dilengkapi dengan form 5 atau surat bukti pindah pilih.

Temuan ini terdeteksi setelah salah satu saksi calon pemilihan gubernur Jawa Timur mengaku keberatan adanya sepasang suami – istri ber-KTP Jember yang telah melakukan pencoblosan di TPS 04 tersebut.

Slamet Setyoaji, Kabag Hukum Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Jatim mengatakan, seberapapun tingkat kehadiran masyarakat mengikuti pemungutan suara ulang adalah yang sah dan menentukan. Kendati demikian, dirinya berharap partisipasi masyarakat tetap tinggi dalam mengikuti pencoblosan ulang.

“Ini yang sah dan menentukan, berapapun tingkat kehadiran pemilih untuk mencoblos,” terangnya.

Slamet Setyoaji juga menghimbau kepada petugas KPPS di daerah untuk bekerja lebih professional, sehingga kejadian serupa dapat dihindari. Sementara, KPU hanya menjatuhkan sanksi teguran kepada petugas yang teledor.

Sekadar informasi, jumlah pemilih berdasarkan DPT di TPS 04 sebanyak 471 orang, ditambah 6 orang pemilih tambahan.

Sebelum dilakukan pencoblosan ulang di TPS 04, pasangan Khofifah-Emil unggul tipis derngan perolehan suara 179. Sedangkan pasangan Gus Ipul – Puti memberoleh 147 suara. Suara sah sebanyak 326, suara tidak sah 13 lembar, surat suara yang diterima 483, surat suara terpakai 339, dan surat suara tidak terpakai sebanyak 144 lembar.

“Agar tingkat partisipasi warga tidak turun dalam pemungutan suara ulang kali ini, KPUD memberikan hadiah door prize berupa sebuah sepeda gunung, dua televisi serta puluhan peralatan dapur,” pungas Slamet Setyoaji.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *